Saputra, Rosi and Harmi, Hendra and Daheri, Mirzon (2025) Implementasi Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) untuk Meningkatkan Toleransi Beragama Siswa di SMK Negeri 1 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN CURUP.
![]() |
Text
Fulltexxtt..pdf - Accepted Version Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingya peran pendidikan agama Islam (PAI) dalam menanamkan nilai- nilai multikultural ditengah keberagaman agama, suku, budaya, dan latar belakang sosial siswa. Dalam proses pembelajaran, guru pendidikan agama Islam dituntut tidak hanya menyampaikan materi keagamaan secara normatif tetapi juga mengimplementasikan nilai- nilai toleransi, demokrasi, kesetaraan, keadilan, dan kerukunan agar siswa mampu menghargai perbedaan serta menjaga keharmonisan di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di SMK Negeri 1 Rejang Lebong yang beralamat di Jl. H. Ahmad Marzuki, Kelurahan Air Rambai, Kecamatan Curup, Kabupaten Rejang Lebong. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : pertama, untuk mengetahui implementasi nilai- nilai multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam untuk meningkatkan toleransi beragama siswa di SMK Negeri 1 Rejang Lebong. Kedua, untuk mengetahui dampak dari nilai- nilai multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap toleransi beragama siswa di SMK Negeri 1 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lalu terkait dengan analisis data maka penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PAI dilakukan melalui integrasi nilai-nilai toleransi, kesetaraan, keadilan, demokrasi, dan kerukunan. Nilai-nilai ini diwujudkan dalam strategi pembelajaran yang inklusif, materi ajar yang relevan dengan konteks keberagaman, serta lingkungan sekolah yang mendukung terciptanya interaksi antar siswa dari latar belakang yang berbeda. Kemudian adapun dampak dari implementasi ini terlihat secara nyata dalam kehidupan sosial siswa terutama dalam lingkungan sekolah, yaitu siswa menjadi lebih terbuka terhadap perbedaan, membangun komunikasi yang lebih toleran, dan menjalin interaksi sosial yang inklusif. Selain itu, potensi konflik antar siswa akibat perbedaan agama atau budaya cenderung berkurang secara signifikan. Dengan demikian, pembelajaran Pendidikan Agama Islam berkontribusi positif dalam memperkuat karakter toleran dan membangun budaya damai di lingkungan sekolah multikultural. Kata kunci: Nilai Multikultural, Pendidikan Agama Islam, Toleransi Beragama.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | S3 MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun6 akun6 | ||||||||
Date Deposited: | 11 Sep 2025 03:22 | ||||||||
Last Modified: | 11 Sep 2025 03:22 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9234 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |