Analisis Hambatan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata PAI di SDUA Taman Harapan Curup

Diana Sari, Novita and Sari, Dewi Purnama and Gunawan, Guntur (2025) Analisis Hambatan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata PAI di SDUA Taman Harapan Curup. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
tesis novita diana sari tgl 2 sept fix.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi di tingkat sekolah dasar, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), sering kali menghadapi berbagai hambatan. Kondisi ini mendorong perlunya kajian mendalam terhadap hambatan yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran di kelas yang heterogen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan, solusi, dan faktor pendukung pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran PAI di SDUA Taman Harapan Curup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Informan penelitian terdiri dari 4 orang guru rumpun PAI yang dipilih melalui teknik Snowball Sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi pada meta pelajaran PAI di SDUA Taman Harapan Curup menghadapi berbagai hambatan, seperti kurangnya fokus dan antusiasme siswa, keterbatasan waktu, kesulitan guru dalam mengelola kelas heterogen, keterbatasan sumber daya, serta adanya resistensi dari orang tua dan siswa. Namun demikian, hambatan-hambatan tersebut dapat diatasi melalui strategi yang tepat, antara lain peningkatan interaktivitas pembelajaran, perencanaan yang sederhana namun variatif, pemanfaatan media dan kelompok belajar, serta penguatan komunikasi dengan orang tua. Selain itu, keberhasilan pembelajaran berdiferensiasi juga didukung oleh faktor-faktor penting, seperti ketersediaan sarana prasarana, kreativitas guru, antusiasme siswa, variasi media, dan dukungan orang tua. Dengan adanya solusi dan faktor pendukung tersebut, penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam PAI memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar secara optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Diana Sari, Novitanovitadiana851@gmail.com
Sari, Dewi Purnamadewipurnamasari@gmail.com
Gunawan, Gunturgunturgunawan@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Diferensiasi, Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 10 Sep 2025 02:57
Last Modified: 10 Sep 2025 02:57
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9229

Actions (login required)

View Item View Item