Hubungan Habits Of Mind Dengan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Rejang Lebong

Marfuah, Marfuah and Rahmadeni, Fevi and Septiana, Anisya (2025) Hubungan Habits Of Mind Dengan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fulltext.pdf - Accepted Version

Download (21MB)

Abstract

Hasil kemampuan literasi matematika siswa masih tergolong rendah, terutama dalam merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan permasalahan matematika ke dalam konteks kehidupan sehari-hari. Salah satu upaya dapat meningkatkan melalui aspek afektif yaitu habits of mind yang mencerminkan kebiasaan berpikir siswa dalam menghadapi masalah yang belum diketahui jawabannya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana habits of mind siswa SMP kelas VII. 2) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan literasi matematika siswa siswa SMP kelas VII. 3) Untuk mengetahui hubungan antara habits of mind dengan kemampuan literasi matematika siswa SMP kelas VII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.A dan VII.B di SMP Negeri 5 Rejang Lebong yang dipilih secara acak (random sampling). Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket habits of mind dan tes kemampuan literasi matematika berbentuk soal uraian. Analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Habits of mind siswa memiliki rata-rata 103.39. 2) Kemampuan literasi matematika memiliki rata-rata sebesar 27.48. 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara habits of mind dengan kemampuan literasi matematika siswa SMP, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,681 dan nilai sinifikansi 0,000 < 0,005. Hasil menunjukan semakin tinggi habits of mind yang dimiliki siswa maka semakin tinggi pula kemampuan literasi matematikanya. Nilai koefisien determinasi sebesar 46,4% menunjukkan bahwa habits of mind memberikan kontribusi terhadap kemampuan literasi matematika sebesar 53,6%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: habits of mind, kemampuan literasi matematika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Marfuah, Marfuahfuahmar738@gmail.com
Rahmadeni, Fevifevirahmadeni@iain.ac.id
Septiana, Anisyaanisyaseptiana@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 09 Sep 2025 08:18
Last Modified: 09 Sep 2025 08:18
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9222

Actions (login required)

View Item View Item