Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Media Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Berdasarkan Self-Efficacy

Rahmawati, Arbingatu and Mutia, Mutia and Syaripah, Syaripah (2025) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Media Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Berdasarkan Self-Efficacy. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fulltext.pdf - Accepted Version

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang masih terbatas pada penyelesaian soal rutin, sehingga kesulitan ketika dihadapkan pada soal terbuka yang menuntut ide beragam. Selain itu, aspek self-efficacy siswa belum mendapat perhatian utama dalam proses pembelajaran, padahal sangat memengaruhi kepercayaan diri dan ketekunan mereka dalam belajar. Di sisi lain, meskipun model Problem Based Learning (PBL) telah digunakan, pemanfaatan media interaktif seperti Google Sites masih belum optimal untuk mendukung pengembangan kreativitas dan self-efficacy siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbasis media interaktif Google Sites terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa berdasarkan tingkat self-efficacy Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu design factorial experiment. Adapun populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII SMP IT Rabbi Radhiyya tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini yaitu kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen dan VIII.C sebagai kelas kontrol, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis, dan angket self efficacy. Data dianalisis menggunakan ANOVA dua jalur dengan interaksi. Hasil dari penelitian yaitu: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang belajar dengan model PBL berbasis media interaktif Google Sites dan siswa yang belajar dengan model PBL tanpa media interaktif (Sig. = 0,021<0,05); 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang memiliki tingkat self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah (Sig. = 0,047<0,05); dan 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat self-efficacy terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa (Sig. = 0,887<0,05). Secara umum dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berbasis media interaktif Google Sites berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Selain itu, tingkat self-efficacy juga berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis, tetapi tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self-efficacy. Kata kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Media Interaktif, Kemampuan Berpikir Kreatif, Self-Efficacy

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Rahmawati, Arbingatuarbingaturahmawati@gmail.com
Mutia, Mutiamutia@iaincurup.ac.id
Syaripah, Syaripahsyana1401@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 09 Sep 2025 04:02
Last Modified: 09 Sep 2025 04:02
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9221

Actions (login required)

View Item View Item