Upaya Pengembangan Home Industry Bubuk Kopi Tiga Putri Desa Talang Donok Kecamatan Topos Kabupaten Lebong

Amalya, Gina and Nofrizal, Nofrizal and Fitmawati, Fitmawati (2022) Upaya Pengembangan Home Industry Bubuk Kopi Tiga Putri Desa Talang Donok Kecamatan Topos Kabupaten Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Gina Amalia.pdf

Download (4MB)

Abstract

Usaha Home Industry pasti tidak lepas dari masalah begitu juga dengan Home Industry Bubuk Kopi Tiga Putri yang mengalami permasalah, Home Industry Bubuk Kopii Tiga Putri mengalami beberapa permasalahan yaitu, harga bahan baku yang tidak menentu, terbatasnya peralatan pada saat kegiatan produksi, saluran pemasaran yang kurang luas, tenaga kerja yang kurang dan persaingan usaha yang sejenis. Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya Home Industry Bubuk Kopi Tiga Putri dalam upaya pengembangan usahanya. Penelitian ini merupakan peneitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer yang diperoleh dari hasil observasi dan pengamatan langsung dilapangan, Data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan, literature-literatur, jurnal, buku, artikel, dokumentasi dn sumber kainnya yang relevan dengan penelitian. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya menjaga keberlangsungan agar bahan baku selalu tersedia dari Home Industry Bubuk Kopi Tiga Putri ini, dengan memilih bahan baku (biji kopi) yang bagus, pemilik usaha memperoleh bahan baku sesuai dengan keadaan. Dan dalam upaya pengembangan produksinya dengan menjalin kerja sama dan komunikasi yang baik antar pemilik usaha dengan karyawan sehingga menghasilkan produk yang dapat bersaing di pasaran. Serta upaya dalam pengembangan pemasaran dengan menerapkan strategi pengembangan usaha yakni dengan strategi produk, dengan menghasilkan produk yang berkualitas dan bercita rasa khas, sehingga dapat bersaing dipasaran, strategi harga menjual dengan harga yang relative murah dan terjangkau dengan banyaknya varian produk dalam kemasan harga yang berbeda-beda, dan strategi promosi yang secara langsung dan bertatap muka. Kata kunci : Pengembangan Home Industry.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Amalya, GinaUNSPECIFIED
Nofrizal, NofrizalUNSPECIFIED
Fitmawati, FitmawatiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:15
Last Modified: 20 Feb 2023 09:15
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/921

Actions (login required)

View Item View Item