Padillah, Tiara Nur and Istan, Muhammad and Sholihin, M. (2025) Pengaruh Islamic Branding, Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Minat Belanja Online Menggunakan Fitur Shopee Mall. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.
|
Text
Tiara (Skripsi Cetak) (1).pdf Download (1MB) |
Abstract
Islamic Branding mencerminkan identitas merek yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Brand Awareness menunjukkan sejauh mana konsumen mengenali dan mengingat suatu merek, sementara Brand Image merujuk pada persepsi dan kesan konsumen terhadap merek. Minat belanja online adalah dorongan atau ketertarikan konsumen dalam melakukan pembelian melalui platform digital. Penelitian ini bertujuan untuk menguji sejauh mana ketiga variable berkontribusi dalam meningkatkan minat konsumen untuk berbelanja secara online melalui fitur Shopee Mall. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan jenis kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Ekonomi Syariah angkatan 2021–2024 sebanyak 230 orang. Sampel sebanyak 125 orang ditentukan berdasarkan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 10% menggunakan teknik Non probability sampling melalui pendekatan Purposive Sampling. Analisis data menggunakan Smartpls Versi 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Islamic Branding (X1) memiliki P-Value 0.158 >0.05 dan t-statistik 1.441 < 1.98, sehingga tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belanja online. Variabel Brand Awareness (X2) dengan P-Value 0.017 < 0.05 dan t-statistik 2.391 > 1.98 menunjukkan pengaruh positif dan signifikan. Variabel Brand Image (X3) dengan P-Value 0.000 < 0.05 dan t-statistik 4.303 > 1.98 juga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan. Dan Nilai R Square sebesar 0.806 mengindikasikan bahwa model kuat, artinya 80,6% minat belanja online dipengaruhi oleh ketiga variabel tersebut, sedangkan 19,4% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Secara simultan, ketiga variabel tersebut terbukti berpengaruh terhadap minat belanja online (Y). Kata Kunci: Islamic Branding, Brand Awareness, Brand Image, Minat Belanja Online
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Creators: |
|
||||||||
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion H Social Sciences > HF Commerce |
||||||||
| Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah | ||||||||
| Depositing User: | akun9 akun 9 akun9 | ||||||||
| Date Deposited: | 08 Sep 2025 07:39 | ||||||||
| Last Modified: | 08 Sep 2025 07:39 | ||||||||
| URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9190 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
