Zahra, Dini Alfi and Arcanita, Rafia and Sagiman, Sagiman (2025) Strategi Guru dalam Meningkatkan Semangat dan Minat Belajar Peserta Didik di SMPLB Negeri Kepahiang pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.
![]() |
Text
Strategi Guru dalam Meningkatkan Semangat dan Minat Belajar Peserta Didik di SMPLB Negeri Kepahiang pada.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan bahwa pendidikan adalah hak setiap individu, termasuk mereka yang memiliki perbedaan kemampuan. di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) memerlukan strategi khusus karena peserta didik memiliki karakteristik, kemampuan, dan hambatan belajar yang beragam. Maka penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat semangat dan minat belajar peserta didik di SMPLB Negeri Kepahiang dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 2) untuk mengetahui strategistrategu yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan semangat dan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islamdi SMPLB Negeri Kepahiang. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dimana data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Menggunakan analisis data dari miles dan Huberman dimana tahapan dalam analisis data ini adalah pertama data akan direduksi, lalu display data/penyajian data, dan terakhir menarik kesimpulan. Serta keabsahan data menngunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan semangat dan minat belajar siswa berada pada kategori cukup, terutama saat kegiatan praktik seperti wudu, salat, dan doa. Faktor yang mendorongnya antara lain keberhasilan kecil yang diraih, dukungan guru dan teman, penggunaan media visual, keterkaitan materi dengan kehidupan sehari-hari, dan suasana kelas yang santai. Hambatan yang dihadapi meliputi keterbatasan kemampuan awal, kurangnya pembiasaan agama di rumah, perbedaan jenis disabilitas dalam satu kelas, keterbatasan ruang, dan minimnya tenaga pendidik. Guru menerapkan strategi individualis, menyesuaikan metode, media, dan pendekatan dengan kemampuan tiap siswa. Strategi ini mencakup metode bervariasi, penguatan positif, pengulangan materi, evaluasi sederhana, pembelajaran kontekstual, dan pekerjaan rumah terarah, dengan tujuan menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Kata Kunci: Strategi, Semangat, Minat, Pendidikan Agama Islam, SMPLB.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun9 akun 9 akun9 | ||||||||
Date Deposited: | 08 Sep 2025 08:15 | ||||||||
Last Modified: | 08 Sep 2025 08:15 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9183 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |