Manajemen Wali Kelas dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas X di SMk Qur’an Darul Maarif Nu Rejang Lebong

Saputra, Rendika and Bahri, Syaiful and Siswanto, Siswanto (2025) Manajemen Wali Kelas dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas X di SMk Qur’an Darul Maarif Nu Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text
SKRIPSI RENDIKA SAPUTRAAAA docx.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas X di SMK Qur’an Darul Ma’arif NU Rejang Lebong.. Penelitian menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif ini yang melibatkan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan dan wali kelas X dan siswa kelas X. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen wali kelas dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas X mencakup beberapa aspek dari segi perencanaan, dilakukan melalui identifikasi permasalahan kedisiplinan di kelas, koordinasi dengan guru BK dan pihak sekolah, serta penyusunan program dan strategi peningkatan kedisiplinan, dari segi pelaksanaan, wali kelas berperan dalam edukasi, pengawasan, dan pembinaan siswa; waka kesiswaan bertanggung jawab atas monitoring dan evaluasi berkala; sementara kepala sekolah melakukan koordinasi, fasilitasi, dan pemberdayaan wali kelas, terdapat enam tantangan utama, yaitu: pelanggaran tata tertib (berpakaian, rambut, dan sepatu), perlunya pendekatan disiplin positif oleh guru, kurangnya dukungan orang tua, rendahnya motivasi siswa, pengaruh lingkungan luar, dan keterbatasan sumber daya sekolah. Evaluasi, dilakukan melalui penguatan aturan, pengingat rutin, pendekatan personal, pembinaan karakter, serta kolaborasi dengan orang tua dan sekolah. Evaluasi juga mencakup penilaian pencapaian tujuan, identifikasi kendala, pemantauan aktivitas siswa, serta penyusunan laporan sebagai dasar perbaikan berkelanjutan. Metode evaluasi meliputi observasi perilaku siswa, penyebaran kuesioner kepada siswa, guru, dan orang tua, serta analisis data kehadiran dan catatan pelanggaran. Kata Kunci: Manajemen Wali Kelas, Kedisiplinan Siswa, Evaluasi Kedisiplinan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Saputra, RendikaUNSPECIFIED
Bahri, Syaifulsyaiful@iain.curup.ac.id
Siswanto, Siswantosiswanto@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LE Individual institutions (America except United States)
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 08 Sep 2025 07:46
Last Modified: 08 Sep 2025 07:46
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9180

Actions (login required)

View Item View Item