Wahyuni, Annisa Tri and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Amrullah, Amrullah (2025) Manajemen Humas IAIN Curup Dalammempromosikan Penerimaan Calon Mahasiswa Baru di Tahun 2024. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.
![]() |
Text
ANISA TRI WAHYUNI FullText.pdf Download (4MB) |
Abstract
Manajemen humas memainkan peran penting dalam meningkatkan citra positif instansi pendidikan salah satunya dengan cara melakukan promosi penerimaan calon mahasiswa baru.Promosi penerimaan mahasiswa baru adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh perguruan tinggi untuk menarik minat calon mahasiswa baru agar mendaftar dan kuliah di kampus tersebut. Dalam melakukan promosi penerimaan calon mahasiswa baru, Humas IAIN Curup melakukan kegiatan promosi meliputi penyebaran informasi melalui media massa, media sosial, kegiatan promosi langsung, seminar dan kunjungan ke sekolah-sekolah, serta penggunaan alat komunikasi digital seperti email atau website resmi institusi. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan pelaksanaan humas IAIN Curup dalam melakukan promosi penerimaan calon mahasiswa baru, serta untuk mengetahui hambatan dan tantangan yang dialami humas saat melakukan promosi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan secara jelas mengenai hasil temuan di lapangan dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di Humas IAIN Curup.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa humas IAIN Curup telah melaksanakan strategi promosi melalui bauran promosi (advertising, public relations,personal selling, sales promotion, dan direct marketing). Jika dikaitkan dengan ruang lingkup manajemen humas, kegiatan promosi telah mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Namun, pelaksanaannya belum maksimal karena adanya keterbatasan anggaran, keterbatasan SDM, serta kurang optimalnya evaluasi terhadap efektivitas media promosi. Persaingan dengan perguruan tinggi lain juga menjadi faktor eksternal yang memperkuat permasalahan penerimaan mahasiswa baru. Kata kunci: Humas, IAIN Curup, promosi, penerimaan mahasiswa baru (PMB)
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | akun6 akun6 | ||||||||
Date Deposited: | 09 Sep 2025 03:16 | ||||||||
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:16 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9171 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |