Pengaruh Influencer Marketing dan Selebgram Endorsement Terhadap Minat Beli Skincare Pada Generasi Z dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderator

Sulastri, Eva and Arifin, Rahman and Sholihin, Muhammad (2025) Pengaruh Influencer Marketing dan Selebgram Endorsement Terhadap Minat Beli Skincare Pada Generasi Z dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderator. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Eva Sulastri Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi digital dan media sosial telah memunculkan influencer dan selebgram sebagai figur yang berperan dalam membentuk sudut pandang serta keputusan konsumen, khususnya dalam bidang kecantikan. Namun, konten bernuansa religius masih jarang ditampilkan, padahal nilai-nilai keagamaan diyakini dapat memengaruhi pola konsumsi masyarakat, terutama generasi Z di Indonesia yang mayoritas memiliki tingkat religiusitastinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer marketing dan selebgram endorsement terhadap minat beli skincare pada generasi Z, dengan religiusitas sebagai variabel moderator. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 84 mahasiswi Program Studi Ekonomi Syariah angkatan 2021–2024. Teknik analisis data menggunakan aplikasi SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa influencer marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli skincare (P-value = 0,061; T-statistik = 1,877). Sebaliknya, selebgram endorsement berpengaruh signifikan terhadap minat beli (P-value = 0,000; T-statistik = 3,512).Demikian pula, religiusitas berpengaruh signifikan terhadap minat beli (P-value =0,000; T-statistik = 3,543). Namun, religiusitas tidak mampu memoderasi hubungan antara influencer marketing maupun selebgram endorsement terhadap minat beli skincare (P-value > 0,05; T-statistik < 1,96). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa selebgram endorsement dan religiusitas berperan dalam membentuk minat beli skincare generasi Z, sedangkan influencer marketing serta efek moderasi religiusitas belum menunjukkan pengaruh yang signifikan. Kata Kunci: Influencer Marketing, Selebgram Endorsement, Minat Beli, Skincare, Religiusitas, Generasi Z.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sulastri, Evaevasulastri861@gmail.com
Arifin, Rahmanrahmanarifin060606@gmail.com
Sholihin, Muhammadmsholihin@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 08 Sep 2025 02:05
Last Modified: 08 Sep 2025 02:05
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9166

Actions (login required)

View Item View Item