Pengaruh Model Pembelajaran Open Inquiry Approach (OIA) Berbasis Lkpd Terhadap Hasil Belajar (Studi Pre Eksperimen Pada Mata Pelajaran PKn Di

Aprilia, Yoka and Gunawan, Guntur and Septiana, Anisya (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Open Inquiry Approach (OIA) Berbasis Lkpd Terhadap Hasil Belajar (Studi Pre Eksperimen Pada Mata Pelajaran PKn Di. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fulltext.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar PKn siswa, yang diindikasikan oleh kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1). proses pembelajaran siswa menggunakan model pembelajaran Open Inquiry Approach (OIA); 2). Hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Open Inquiry Approach (OIA); 3). Pengaruh model pembelajaran Open Inquiry Approach (OIA) berbasis LKPD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas III SDN 7 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode pre eksperiment One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 7 Rejang Lebong yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes (pretest dan posttest). Serta teknik analisis data berupa teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial berupa uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Open Inquiry Approach (OIA) berbasis LKPD. Hal ini ditunjukkan oleh adanya pengaruh nilai pretest dan posttest yang signifikan, bahwa hasil belajar meningkat sebesar 23,89 dari nilai sebelum diberilan perlakuan (pretest) sebesar 63,89 dan nilai setelah diberikan perlakuan (posttest) sebesar 87,78. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil uji t, dimana hasil uji t menunjukkan Nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000. sig. (2-tailed (0,000)) < (0,05) yang artinya H₀ ditolak dan H₁ diterima, dapat diambil kesimpulan bahwa Terdapat Pengaruh penggunaan model pembelajaran Open Inquiry Approach (OIA) berbasis LKPD terhadap hasil belajar PKn dikelas III SDN 7 Rejang Lebong. Kata Kunci: Open Inquiry Approach (OIA), LKPD, hasil belajar, PKn

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Aprilia, Yokayokaaprilia20@gmail.com
Gunawan, Gunturgunturgunawan@iaincurup.ac.id
Septiana, Anisyaanisyaseptiana@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 04 Sep 2025 03:35
Last Modified: 04 Sep 2025 03:35
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9146

Actions (login required)

View Item View Item