Hairunnisa, Marfira and Bahri, Syaiful and Idris, Muhammad (2025) Manajemen Ekstrakulikuler Pramuka Upaya Menciptakan Karakter Disiplin Peserta Didik di Smp Negeri 2 Rejang Lebong (Study fenomenalogis Di Smp Negeri 2 rejang lebong). Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
REVISI FIRA YANG DI PRINT1.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK “Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka Upaya Menciptakan Karakter Disiplin Peserta Didik Di SMPN 2 Rejang Lebong’’ Oleh: Marfira hairrunisa (21561029) Kedisiplinan peserta didik merupakan salah satu aspek penting dalam pembentukan karakter di sekolah, namun dalam praktiknya masih ditemukan berbagai permasalahan seperti rendahnya ketepatan waktu, kurangnya tanggung jawab, dan lemahnya kepatuhan terhadap aturan. Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 2 Rejang Lebong dipilih sebagai sarana pembinaan karakter disiplin melalui manajemen kegiatan yang terstruktur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dalam membentuk karakter disiplin siswa berdasarkan kerangka POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan kepala sekolah, pembina Pramuka, alumni pendamping, serta siswa peserta kegiatan. Analisis dilakukan menggunakan kerangka manajemen POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) untuk melihat bagaimana setiap fungsi manajemen diterapkan dalam pembinaan disiplin siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:pertama Perencanaan kegiatan dilakukan melalui penyusunan program tahunan dan mingguan yang memuat tujuan, sasaran, materi, serta jadwal kegiatan. kedua Pengorganisasian diwujudkan melalui pembagian tugas yang jelas antara kepala sekolah, pembina, alumni, dan peserta didik, serta pembentukan struktur regu dan dewan galang. ketiga Pelaksanaan berjalan konsisten setiap Jumat dan akhir pekan melalui latihan baris-berbaris, perkemahan, diskusi nilai-nilai kepramukaan, dan kegiatan lapangan yang menanamkan kedisiplinan secara langsung dan keempat Pengawasan dilakukan oleh kepala sekolah, pembina, dan pemimpin regu melalui pemantauan kehadiran, kerapian, serta evaluasi sikap siswa, baik selama kegiatan maupun melalui rapat tindak lanjut. Secara keseluruhan, manajemen ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 2 Rejang Lebong telah efektif dalam membentuk karakter disiplin siswa, walaupun masih ada sebagian kecil peserta yang belum menerapkan kedisiplinan secara konsisten dalam kehidupan sehari-hari. Kata kunci: Manajemen, Ekstrakurikuler Pramuka, Karakter Disiplin, POAC.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | akun9 akun 9 akun9 | ||||||||
Date Deposited: | 03 Sep 2025 09:20 | ||||||||
Last Modified: | 03 Sep 2025 09:20 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9137 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |