Analisis Pelaksanaan Keagamaan di SMP It Rabbi Radhiyya Kabupaten Rejang Lebong

Juqaidah, Desma and Azwar, Beni and Fadilah, Fadilah (2025) Analisis Pelaksanaan Keagamaan di SMP It Rabbi Radhiyya Kabupaten Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
DESMA JUQAIDAH FullText.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Desma Juqaidah (21531036): “Analisis Pelaksanaan Keagamaan di SMP IT Rabbi Radhiyya.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan program keagamaan di SMP IT Rabbi Radhiyya yang mencakup kegiatan akademis dan non akademis. Pelaksanaan keagamaan di sekolah ini dirancang untuk membentuk karakter islami siswa melalui pembiasaan ibadah, peningkatan pemahaman agama, serta penguatan nilai-nilai spiritual dalam kehidupan sehari-hari. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI, pembina keagamaan dan peserta didik. Jenis sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dalam penelitian yaitu triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan keagamaan dibidang akademis di SMP IT Rabbi Radhiyya yaitu; pembiasaan membaca Al-Qur’an sebelum pelajaran, doa sebelum dan sesudah pelajaran, pelajaran Pendidikan agama islam dan hafalan Al-Qur’an. (2) Pelaksanaan keagamaan dibidang non akademis di SMP IT Rabbi Radhiyya yaitu; Shalat dhuha, zuhur dan asar berjamaah, infaq jumat dan 3S (senyum, salam dan sapa), muhadharah, pesantren kilat, pakaian muslim saat ramadhan dan kegiatan sosial keagamaan. (3) Faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan keagamaan di SMP IT Rabbi Radhiyya yaitu; Faktor pendukung program ini antara lain adanya komitmen sekolah, peran aktif guru, dan lingkungan sekolah yang religius. Adapun faktor penghambat meliputi kurangnya kedisiplinan sebagian siswa serta kendala waktu pelaksanaan kegiatan. Secara keseluruhan, program keagamaan di SMP IT Rabbi Radhiyya telah berjalan cukup efektif dalam membentuk karakter religius siswa, meskipun masih perlu penguatan dalam aspek pelaksanaan dan pengawasan. Kata kunci: Analisis, Pelaksanaan keagamaan, Pendidikan islam terpadu

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Juqaidah, Desmadesmajuqaidah@gmail.com
Azwar, Benibeniazwar1967@gmail.com
Fadilah, Fadilahfadila@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 04 Sep 2025 03:23
Last Modified: 04 Sep 2025 03:23
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9135

Actions (login required)

View Item View Item