Angraini, Renti and Sagiman, Sagiman and Yosi, Yulizah (2025) Pengaruh Media Diorama terhadap Kreativitas Anak dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (Ipas) Peserta Didik Kelas V Sd Negeri 09 Kepahiang. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
A SKRIPSI RENTI 111111.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK RENTI ANGRAINI, NIM.21591172 “Pengaruh Media Diorama Terhadap Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran IPAS Peserta Didik Kelas V SD Negeri 09 Kepahiang”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatar belakangi oleh, kurangnya kreativitas belajar anak dalam penbelajaran IPAS, karena guru kurang menggunakan media pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk mengetahui pengaruh media diorama terhadap kreativitas anak dalam pembelajaran IPAS kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen, Pada penelitian ini desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimental. Sampel dalam penelitian ini adalah Peserta Didik kelas VB dan VC. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Dengan instrumen angket Skala Guttman. Teknik analisis data yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis sampel t-tes. Hasil penelitian menunjukkan Bahwa, Penggunaan media diorama meliputi Langkah-langkah yaitu memilih materi IPAS, membuat diorama, menambahkan detail dan elemen-elemen yang relevan, diskusi dengan Peserta Didik, interaksi dengan diorama, evaluasi pemahaman Peserta Didik, dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil Pretess dan posttest kelas eksperimen, Kreativitas Peserta Didik pada kelas eksperimen dengan menggunakan media Diorama dalam proses pembelajaran IPAS pada kelas V, diperoleh rata-rata Pretest 36,28, Dan rata-rata posttest 41,71. Berdasarkan hasil rata-rata posttest bahwa Kreativtas pembelajaran menggunakan media Diorama dalam proses pembelajaran IPAS, memiliki hasil yang lebih baik. Dari hasil uji N-Gain diperoleh nilai sebesar 0,38, maka dapat simpulkan bawha kreativitas Peserta Didik tergolong (sedang). Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media Diorama berpengaruh terhadap Kreativitas anak dalam pembelajaran IPAS Peserta Didik kelas V SD Negeri 09 Kepahiang. berdasarkan uji hipotesis sampel t test, diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,005, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara Kreativitas pretest dan posttest, yang artinya ada pengaruh media Diorama terhadap Kreativitas anak dalam Pembelajaran IPAS pada Peserta Didik kelas V SDN 09 Kepahiang. Kata Kunci: Pengaruh Media Diorama Terhadap Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran IPAS
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun9 akun 9 akun9 | ||||||||
Date Deposited: | 03 Sep 2025 09:10 | ||||||||
Last Modified: | 03 Sep 2025 09:10 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9129 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |