Pebriyanti, Tasya and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Kholilah Harahap, Emmi (2025) Strategi Kepala Tata Usaha dalam Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.
![]() |
Text
TASYA PEBRIANTI FullText.pdf - Accepted Version Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Tasya Pebrianti NIM. 21561047 “Strategi Kepala Tata Usaha Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rejang Lebong.” Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Mutu layanan administrasi sekolah merupakan cerminan atau tingkat kualitas layanan yang diberikan oleh unit administrasi sekolah untuk mendukung kelancaran proses pendidikan. Mutu mencerminkan sejauh mana layanan administrasi mampu memenuhi harapan dan kebutuhan warga sekolah. Layanan administrasi sekolah yang bermutu ditandai dengan ketepatan, kecepatan, keakuratan, kemudahan, sikap petugas dan kepuasan pengguna layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi kepala tata usaha dalam meningkatkan mutu layanan administrasi di SMA Negeri 1 Rejang Lebong. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya kepala tata usaha mempunyai strategi untuk membuat layanan administrasi yang berkualitas, agar dapat menentukan kelancaran dari operasional sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggali pengalaman, pandangan, dan praktik para informan yang terlibat langsung dalam konteks penelitian. Data dikumpulkan melalui teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan terdiri dari kepala tata usaha, staf tata usaha, kepala sekolah, guru, dan siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala tata usaha menerapkan beberapa strategi, yaitu membangun tugas dan tanggung jawab ketatausahaan, menyusun rencana tahunan, peningkatan penggunaan teknologi informasi, mengawasi kemampuan administrasi, menjaga prosedur administrasi, menyelesaikan permasalahan yang ada, serta mengarahkan dan membimbing staf. Strategi-strategi tersebut terbukti mampu berkontribusi positif terhadap peningkatan mutu layanan administrasi, khususnya dalam efisiensi waktu, ketepatan data, dan kepuasan layanan bagi warga sekolah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi kepala tata usaha sangat penting dan menjadi kunci dalam menciptakan layanan administrasi yang berkualitas dan mendukung pencapaian tujuan pendidikan yang optimal. Kata Kunci : Strategi, Kepala Tata Usaha, Mutu Layanan, Administrasi Sekolah
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 03 Sep 2025 09:03 | ||||||||
Last Modified: | 03 Sep 2025 09:03 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9127 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |