Problematika Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Penggunaan Model Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) di SMPN 42 Rejang Lebong

Anisa, Nur and Masudi, Masudi and Syahindra, Wandi (2025) Problematika Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Penggunaan Model Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) di SMPN 42 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
SKRIPSI_NUR_ANISAAA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya problematika guru dalam menerapkan model TPACK terhadap proses pembelajaran PAI, seperti masih kurangnya kemampuan guru dalam menerapkan model TPACK, juga kurangnya pelatihan yang memadai untuk menerapkan model TPACK disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan model TPACK dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), dan mengetahui problematika yang dihadapi guru PAI dalam menerapkan model TPACK terhadap proses pembelajaran PAI di SMPN 42 Rejang Lebong. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu data perimer dan data sekunder, data primer. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PAI, kepala sekolah dan siswa kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran TPACK di SMPN 42 Rejang Lebong sudah mengintegrasi aspek konten, pedagogi, teknologi dalam proses belajar mengajar. Namun demikian, terdapat hasil problematika yang dihadapi guru, yaitu faktor internal, seperti keterbatasan pemahaman guru terhadap konsep TPACK secara teori, kurangnya pelatihan khusus dan faktor eksternalnya, seperti keterbatasan sarana dan prasarana teknologi di SMPN 42 Rejang Lebong. Kata Kunci: Problematika, Guru PAI, TPACK

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Anisa, NurABSTRAK Nur Anisa, NIM 21531107, Judul Skripsi: Problematika Guru Pai Dalam Penggunaan Model Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Di SMPN 42 Rejang Lebong Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya problematika guru dalam menerapkan m
Masudi, Masudimasudi@iaincurup.ac.id
Syahindra, Wandiwandi.syahindra@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Problematika, Guru PAI, TPACK
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 03 Sep 2025 03:26
Last Modified: 03 Sep 2025 03:26
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9126

Actions (login required)

View Item View Item