The Influence of Assignments Through Digital Literacy on the Mastery of Islamic Religious Education Material and the Learning Habits of Students at SMPN 08 Lebong

Hafizah, Tamama and Kusen, Kusen and Amrullah, Amrullah (2025) The Influence of Assignments Through Digital Literacy on the Mastery of Islamic Religious Education Material and the Learning Habits of Students at SMPN 08 Lebong. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Tamama Hafizah-PAI S2.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital menuntut dunia pendidikan untuk mengadopsi strategi pembelajaran yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan zaman, termasuk dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah masih rendahnya efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk pemahaman mendalam terhadap nilai-nilai keislaman dan kebiasaan belajar peserta didik di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penugasan melalui literasi digital terhadap penguasaan materi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan kebiasaan belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 08 Lebong. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pengembangan strategi pembelajaran yang adaptif terhadap perkembangan teknologi digital, khususnya dalam pembelajaran PAI yang mengedepankan pemahaman nilai-nilai keislaman seperti toleransi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik analisis regresi linier sederhana serta multivariat. Sampel penelitian berjumlah 126 peserta didik yang dipilih melalui teknik random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penugasan melalui literasi digital berpengaruh signifikan terhadap penguasaan materi PAI dengan nilai korelasi R sebesar 0,654 dan kontribusi sebesar 42,8%; (2) penugasan melalui literasi digital juga berpengaruh signifikan terhadap kebiasaan belajar peserta didik dengan nilai R sebesar 0,364 dan kontribusi sebesar 13,2%; serta (3) secara simultan, penugasan berbasis literasi digital memberikan kontribusi positif terhadap kedua variabel tersebut. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan strategi pembelajaran berbasis digital dapat meningkatkan efektivitas proses belajar, khususnya dalam membentuk kebiasaan belajar yang positif dan memperkuat pemahaman peserta didik terhadap nilai-nilai keislaman dalam konteks kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan penugasan digital yang terstruktur dan kontekstual dalam pembelajaran PAI sebagai respons terhadap tantangan abad ke-21 dan era Society 5.0.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Hafizah, Tamamatamamahafizah5@gmail.com
Kusen, Kusenkusenpasca1969@gmail.com
Amrullah, Amrullahamrullah@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun6 akun6
Date Deposited: 02 Sep 2025 08:42
Last Modified: 02 Sep 2025 08:42
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9109

Actions (login required)

View Item View Item