Taswin, Ahmad and Azwar, Beni and Nurjannah, Nurjannah (2025) Implementasi Penguatan Sikap Toleransi Beragama Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN 1 Lubuklinggau. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
fullteks.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
Ahmad Taswin, NIM. 23871002, Implementasi Penguatan Sikap Toleransi Beragama Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN 1 Lubuklinggau, Tesis Program Pascasarjana IAIN Curup, Program Studi Pendidikan Agama Islam, 2025, 113 halaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penguatan sikap toleransi beragama siswa melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MAN 1 Lubuklinggau. Fokus kajian dalam penelitian ini meliputi: (1) implementasi pembelajaran PAI dalam penguatan sikap toleransi beragama, (2) strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama, dan (3) respon siswa terhadap pembelajaran yang menumbuhkan sikap toleransi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI telah diintegrasikan dengan nilai-nilai toleransi, baik secara materi maupun metode. Guru menerapkan strategi seperti keteladanan, diskusi kelompok, dan pengaitan materi dengan kehidupan masyarakat sekitar yang plural. Siswa merespon positif pembelajaran ini, dengan menunjukkan sikap saling menghargai dan keterbukaan terhadap keberagaman, meskipun mereka berada di lingkungan sekolah yang homogen secara agama. Penelitian ini menyatakan bahwa implementasi penguatan sikap toleransi beragama melalui pembelajaran PAI di MAN 1 Lubuklinggau dilakukan melalui integrasi nilai toleransi dalam perangkat pembelajaran (silabus dan modul ajar), pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan yang kontekstual dan reflektif, serta dukungan dari pihak sekolah melalui kegiatan penguatan profil pelajar Pancasila. Selanjutnya, strategi guru dalam menanamkan sikap toleransi beragama meliputi penggunaan strategi pembelajaran berbasis nilai, pemberian keteladanan dalam sikap sehari-hari, serta kolaborasi dengan pihak sekolah dan lingkungan untuk menciptakan iklim pendidikan yang mendukung nilai-nilai toleransi. Kemudian, respon siswa terhadap pembelajaran nilai toleransi beragama menunjukkan bahwa siswa memiliki pemahaman yang baik mengenai makna toleransi, menunjukkan sikap positif terhadap perbedaan yang ada di masyarakat sekitar, dan mengapresiasi peran guru dalam pembentukan nilai-nilai toleransi tersebut. Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, toleransi beragama, strategi guru, respon siswa, masyarakat plural.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2 | ||||||||
Depositing User: | akun2 akun2 | ||||||||
Date Deposited: | 02 Sep 2025 07:57 | ||||||||
Last Modified: | 02 Sep 2025 07:57 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9107 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |