Witriana, Witriana and Jaya, Guntur Jaya and Maharani, Mega Silvi (2025) Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaranseni Budaya dan Prakarya (SBDP) Kelas IV SD Negeri 17 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Insitut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
SKRIPSI WITRIANA docx.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) kelas IV di SD Negeri 17 Rejang Lebong, khususnya pada materi kolase , rendahnya hasil belajar tersebut disebabkan karena metode pembelajaran masih bersifat konvensional, kurang melibatkan kreativitas siswa, serta minim penggunaan media yang menarik. Oleh karena itu, peneliti menerapkan metode demonstrasi sebagai alternatif pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas IV SD Negeri 17 Rejang Lebong, penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengetahui hasil pretest dan posttest siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) yang menggunakan metode demonstrasi dan konvensional; 2) Mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) kelas IV di SD Negeri 17 Rejang Lebong; 3) Mengetahui seberapa besar pengaruh metode demonstrasi dibandingkan konvensional terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian adalah kuasi eksperimen, menggunakan desain “Nonequivalent Control Group Design”. Penelitian ini dilakukan kepada seluruh siswa kelas IV sebagai populasi terbagi menjadi 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan sampel berjumlah 46 siswa. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi, serta teknik analisis data berupa distribusi frekuensi, uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Dari hasil terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diajar menggunakan metode demonstrasi dengan hasil belajar siswa kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata Posttest kedua kelas tersebut; 2) Hal tersebut menunjukkan bahwa metode demonstrasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 17 Rejang Lebong, berdasarkan uji hipotesis independent samples test, diketahui nilai sig. (sig.2-tailed) adalah sebsar 0,000 ≤ 0,005, maka Ho ditolak Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar Pretest-Posttest yang artinya ada pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar dalam pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) kelas IV SDN 17 Rejang Lebong. Kata kunci: Metode demonstrasi, hasil belajar, pembelajaran SBdP
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun9 akun 9 akun9 | ||||||||
Date Deposited: | 03 Sep 2025 02:37 | ||||||||
Last Modified: | 03 Sep 2025 02:37 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9106 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |