Natali, Ayu Saskia and Rahman, Abdul and Siswanto, Siswanto (2025) Tinjauan Kemampuan Literasi Baca Tulis pada Siswa Sekolah Dasar Kelas II di SDN 13 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.
![]() |
Text
SKRIPSI AYU SASKIA NATALI .pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui kemampuan literasi pada siswa kelas II di SDN 13 Rejang Lebong, 2 ) Untuk mengetahui kemampuan baca tulis siswa kelas II di SDN 13 Rejang Lebong. Mendeskripsikan kemampuan literasi siswa kelas II dalam aspek membaca dan menulis. Literasi sebagai fondasi pembelajaran menjadi kunci penting dalam perkembangkan kongnitif dan komunikasi siswa di jenjang sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas, Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data,penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kemampuan literasi secara umum pada siswa kelas II tergolong cukup baik. Siswa mampu memahami instruksi guru, menjawab pertanyaan dengan kalimat sederhana, dan menunjukkan pemahaman dasar terhadap informasi yang disampaikan secara lisan maupun tertulis. Mereka juga mulai menunjukkan kemampuan berpikir logis dan menanggapi cerita atau bacaan secara sederhana. (2) Kemampuan literasi baca tulis, khususnya dalam aspek membaca dan menulis, menunjukkan bahwa sebagian besar siswa sudah mampu membaca dengan lancar, mengenali huruf dan kata, serta memahami isi bacaan pendek. Dalam aspek menulis, siswa mampu menyalin kalimat, menulis berdasarkan gambar, dan menyusun kalimat sederhana dengan struktur yang cukup baik. Namun, masih ditemukan kendala pada beberapa siswa, seperti keterlambatan dalam membaca, kesalahan ejaan, dan kurangnya kerapihan dalam tulisan. Temuan ini menunjukan bahwa meskipun kemampuan literasi siswa berkembang positif, masih dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang lebih bervariasi dan dukungan yang lebih intensif, baik dari guru maupun dari lingkungan rumah, untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan. Peran guru dan orang tua sangat penting dalam meningkatkan kemampuan literasi baca tulis secara menyeluruh. Kata Kunci: literasi, membaca, menulis, siswa sekolah dasar, kelas II
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun9 akun 9 akun9 | ||||||||
Date Deposited: | 02 Sep 2025 08:46 | ||||||||
Last Modified: | 02 Sep 2025 08:46 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9104 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |