Tafsir Al-Qur’an Surah Ar-Rahman Ayat 1-4 Dalam Perspektif Pendidikan Islam

wati, Tri and Arcanita, Rafia and Taqiyudin, Muhammad (2016) Tafsir Al-Qur’an Surah Ar-Rahman Ayat 1-4 Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
TAFSIR AL-QUR’AN SURAH AR-RAHMAN AYAT 1-4 DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Tafsir Al-Qur’an surah Ar-Rahman ayat 1-4 dalam Perspektif Pendidikan Islam. Kajiannya dilatarbelakangi oleh masalah-masalah pendidikan yang terjadi. Setiap terjadi kebobobrokan moral, rusaknya akhlak anak didik, maka yang selalu disalahkan adalah pendidik. Pendidik menduduki posisi tertinggi dalam penyampaian informasi dan pengembangan karakter karena ia yang melakukan interaksi langsung dengan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya konsep pendidik dalam Al-Qur’an surah Ar- Rahman ayat 1-4 dan karakteristik guru profesional menurut Al-Quran surah ar-Rahman ayat 1-4. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data atau bahan-bahan yang berkaitan dengan tema pembahasan dan permasalahannya yang diambil dari sumber-sumber kepustakaan, dalam hal ini ada dua sumber, yaitu : sumber primer dan sumber sekunder. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode tematik (Maudhu’i). Kajian ini menunjukkan bahwa di dalam surah Ar-Rahman ayat 1-4 terdapat beberapa konsep pendidik, meliputi: (1) Pendidik yang memiliki kepribadian kasih sayang, (2) Pendidik harus berilmu pengetahuan, (3) Pendidik yang dapat mengembangkan potensi anak didiknya, (4) Pendidik yang memiliki keahlian berinteraksi. Berdasarkan hasil penelitian diatas, diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan rujukan bagi para mahasiswa, para tenaga pendidik di STAIN Curup ini dan sekitarnya agar senantiasa mengoptimalkan seluruh kemampuan dalam mendidik terutama dalam memberi dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan kualitas sebagai seorang pendidik yang berakhlak mulia yang sesuai dengan ajaran agama Islam yang dalam ini menjadikan al-Qur’an dan as-Sunnah sebagai pedoman utamanya

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
wati, TriUNSPECIFIED
Arcanita, RafiaUNSPECIFIED
Taqiyudin, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tafsir; perspektif; Karakter; Profesional.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Eke Wince
Date Deposited: 25 Jul 2019 05:17
Last Modified: 25 Jul 2019 05:17
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/91

Actions (login required)

View Item View Item