Apriyani, Sindi and Mustar, Saidil and Maharani, Mega Silvi (2025) Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Pendidikan Agama Islam Menggunakan Aplikasi CapCut untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMAN 6 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negri Curup.
![]() |
Text
Fulltext.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), yang sebagian besar disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran konvensional seperti ceramah. Untuk mengatasi hal tersebut, guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 6 Rejang Lebong melakukan inovasi dengan memanfaatkan media pembelajaran interaktif berbasis video menggunakan aplikasi CapCut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi CapCut, serta dampaknya terhadap peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa kelas XI.1 SMAN 6 Rejang Lebong, dengan jumlah partisipan sebanyak 38 orang (1 Kepala Sekolah, 1 Waka Kurikulum, 1 guru PAI, dan 35 siswa). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI telah menerapkan strategi pembelajaran yang sistematis dengan menggunakan media video hasil editan aplikasi CapCut. Video ditayangkan di awal pembelajaran sebagai pemantik diskusi, dilanjutkan dengan penjelasan materi dan interaksi aktif dengan siswa. CapCut membantu guru menambahkan elemen visual seperti teks, gambar, suara, dan animasi, sehingga materi menjadi lebih menarik dan mudah dipahami. Berdasarkan hasil penilaian kelas XI.1 yang berjumlah 35 siswa, seluruh siswa memperoleh nilai sesuai atau di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dibandingkan dengan hasil penilaian sebelumnya, sebanyak 30 siswa (85,7%) mengalami peningkatan nilai, sedangkan 5 siswa (14,3%) nilainya tetap stabil sesuai KKM. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang erat kaitannya dengan peningkatan minat belajar siswa setelah penggunaan media interaktif berbasis aplikasi CapCut. Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, CapCut, Pendidikan Agama Islam, Minat Belajar, Pembelajaran Berbasis Video
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun2 akun2 | ||||||||
Date Deposited: | 03 Sep 2025 02:11 | ||||||||
Last Modified: | 03 Sep 2025 02:11 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9096 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |