Evaluasi Pelaksanaan Metode Sholati Dalam Meningkatkan Kekhusukan Shalat Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Rabbi Radhiyya 01 Curup

Apriansyah, Apriansyah and Azwar, Beni and Daheri, Mirzon (2025) Evaluasi Pelaksanaan Metode Sholati Dalam Meningkatkan Kekhusukan Shalat Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Rabbi Radhiyya 01 Curup. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
EVALUASI PELAKSANAAN METODE SHOLATI DALAM MENINGKATKAN KEKHUSUKAN SHALAT DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU RABBI RADHIYYA 01 CURUP.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Shalat merupakan ibadah utama dalam Islam yang menjadi sarana komunikasi antara hamba dengan Tuhannya, yang akan memberikan pengaruh besar bagi perkembangan spiritual apabila dilaksanakan dengan khusuk. Namun, pencapaian kekhusukan dalam shalat bukanlah hal yang mudah, terutama bagi siswa sekolah dasar yang masih dalam tahap awal memahami bacaan shalat. Untuk menjawab tantangan tersebut, Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Rabbi Radhiya 01 Curup menerapkan Metode Sholati yang menekankan pemahaman makna bacaan shalat per kata agar siswa tidak sekadar menghafal, tetapi mampu menghayati maknanya.Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelaksanaan Metode Sholati dalam meningkatkan kekhusukan shalat siswa, dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif berdasarkan empat komponen CIPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama penerapan Metode Sholati dilakukan secara interaktif dengan talqin, pemahaman makna bacaan, dan praktik langsung, sehingga siswa tidak hanya hafal bacaan, tetapi juga lebih mudah meresapi ibadah. Kedua Perubahan signifikan terlihat pada peningkatan kekhusukan siswa dalam shalat, ditandai dengan kedisiplinan, ketenangan dalam bacaan, serta keterhubungan spiritual yang lebih mendalam. Ketiga Faktor pendukung keberhasilan meliputi dukungan pimpinan sekolah, kesiapan guru, antusiasme siswa, serta evaluasi rutin, sementara hambatan yang ditemui antara lain keterbatasan sarana, variasi kesiapan guru, kurangnya koordinasi lintas sektor, serta minimnya tindak lanjut program. Dengan demikian, pelaksanaan Metode Sholati terbukti berkontribusi positif dalam meningkatkan kekhusukan shalat siswa, meskipun masih diperlukan perbaikan dalam aspek sarana dan keberlanjutan program.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Apriansyah, ApriansyahAccaPrivat207@gmail.com
Azwar, Benibeniazwar1967@gmail.com
Daheri, Mirzonmirzondaheri@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun6 akun6
Date Deposited: 02 Sep 2025 04:37
Last Modified: 02 Sep 2025 04:37
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9092

Actions (login required)

View Item View Item