Nisa, Zahratun and Rahman, Abdul and Oktori, Agus Riyan (2025) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak pada Buku Teks Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X SMA pada Kurikulum Merdeka. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
FULL TEXT.pdf Download (6MB) |
Abstract
Zahratun Nisa NIM. 21531180 “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Pada Buku Teks Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas X Sma Pada Kurikulum Merdeka.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Di era modern saat ini, pendidikan tidak hanya menekankan aspek pengetahuan, tetapi juga sangat penting dalam membentuk karakter dan kepribadian peserta didik. Pendidikan akhlak menjadi salah satu komponen utama dalam membangun generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki budi pekerti yang luhur. Kurikulum merdeka sebagai kurikulum terbaru di Indonesia menekankan pentingnya penguatan karakter melalui profil pelajar pancasila, yang salah satu elemennya adalah beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia. Dalam konteks ini, buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti kelas X SMA berperan penting sebagai media pembelajaran yang menyampaikan nilai-nilai akhlak kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam buku teks tersebut, serta menilai kesesuaiannya dengan tujuan Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu studi pustaka (Library Research). Sumber data yang diperoleh dari sumber data primer berupa buku teks pendidikan akhlak dan buku pendidikan akhlak, serta sumber data sekunder berupa artikel, internet, jurnal-jurnal yang relevan dengan penelitian ini. Penelitian ini juga menggunakan teknik analis data berupa metode deskriptif dan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai akhlak dalam buku teks mencakup akhlak kepada Allah, akhlak kepada diri sendiri, akhlak kepada sesama manusia, dan akhlak kepada orang tua. Nilai-nilai tersebut terbukti selaras dengan capaian pembelajaran (CP) Berdasarkan keputusan kepala BSKAP No.30 Tahun 2024 pada elemen akidah, Al-Qur’an–Hadis, fikih, akhlak, serta sejarah peradaban Islam. Selain itu, nilai akhlak tersebut juga mendukung enam dimensi Profil Pelajar Pancasila, dengan dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia sebagai fondasi utama bagi dimensi lainnya. Dengan demikian, buku teks ini relevan dengan Kurikulum Merdeka dan berperan penting dalam membentuk peserta didik yang cerdas dan berkarakter mulia. Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Buku Teks, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun2 akun2 | ||||||||
Date Deposited: | 03 Sep 2025 02:49 | ||||||||
Last Modified: | 03 Sep 2025 02:49 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9090 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |