Pengaruh Game Online dan Media Pembelajaran Berbasis Game Terhadap Minat Belajar Siswa SMAN 3 Rejang Lebong

Novita, Siska and Mustar, Saidil and Maharani, Mega Silvi (2025) Pengaruh Game Online dan Media Pembelajaran Berbasis Game Terhadap Minat Belajar Siswa SMAN 3 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Siskaaaa Novitaa.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini penting dilakukan agar dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai pengaruh antara game online dan media pembelajaran game dengan minat belajar siswa. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat ditemukan strategi yang tepat dalam memanfaatkan media game sebagai alat pembelajaran yang efektif serta memberikan solusi dalam mengatasi dampak negatif dari game online yang berlebihan. Penelitian ini bertujuan untuk: Untuk mengetahui pengaruh game online terhadap minat belajar siswa SMAN 3 Rejang Lebong. Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis game terhadap minat belajar siswa SMAN 3 Rejang Lebong. Untuk mengetahui pengaruh game online dan media pembelajaran berbasis game dalam meningkatkan minat belajar siswa.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis korelasional (correlational studies). Sampel penelitian berjumlah 25 siswa SMAN 3 Rejang Lebong. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ialah skala liker. Validitas instrumen yang digunakan rumus product moment dan uji reliabilitas dengan rumus cronbach alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Game online berpengaruh terhadap minat belajar siswa menunjukkan variabel game online (XI) berpengaruh secara signifikan yang ditunjukkan dengan nilai Sig. 2-tailed 0,035 < 0,05 dan thitunglebih besar dari ttabel yaitu 3,481 > 1,717. 2) Media pembelajaran berbasis game berpengaruh terhadap minat belajar siswa menunjukkan variabel media pembelajaran berbasis game (X2) berpengaruh secara signifikan yang ditunjukkan dengan nilai Sig. 2 tailed 0,08 < 0,05 dan thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2,169 > 1,717. 3) Game online dan media pembelajaran berbasis game secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar siswa di SMAN 3 Rejang Lebong menunjukkan variabel game online (X1) dan media pembelajaran berbasis game (X2) berpengaruh secara signifikan yang ditunjukkan dengan nilai Sig. (2 tailed) 0,000 < 0,05 dan thitung lebih besar dari ttabelyaitu 7,439 > 2.048. Hasil dari analisis korelasi memiliki Adjusted R Square sebesar 0,794. Hal itu menunjukan bahwa ada pengaruh game online dan media pembelajaran berbasis game terhadap minat belajar siswa sebanyak 79,4 % dan 20,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kata kunci: Game Onlne, Media Pembelajaran Bebasis Game, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Novita, Siskasiskanopitaa07@gmail.com
Mustar, Saidilsaidilmustar@iaincurup.co.id
Maharani, Mega Silvimegaselvimaharani@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 02 Sep 2025 07:45
Last Modified: 02 Sep 2025 07:45
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9086

Actions (login required)

View Item View Item