Pemanfaatan Media YouTube Dalam Pembelajaran PAI dan Implikasinya Terhadap Pemahaman dan Sikap Religius Siswa di SMPIT Rabbani Muara Enim

Agustian, Andika and Fakhruddin, Fakhruddin and Wanto, Deri (2025) Pemanfaatan Media YouTube Dalam Pembelajaran PAI dan Implikasinya Terhadap Pemahaman dan Sikap Religius Siswa di SMPIT Rabbani Muara Enim. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PEMANFAATAN MEDIA YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMAHAMAN DAN SIKAP RELIGIUS (2).pdf - Accepted Version

Download (7MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam menghadapi tantangan dalam menjaga relevansi dan daya tarik di era digital, sehingga memerlukan inovasi yang mampu memvisualisasikan konsep-konsep agama yang abstrak. Sebagai respons, media YouTube hadir sebagai platform strategis karena kemampuannya menyajikan materi melalui konten audiovisual yang menarik, mudah diakses, dan relevan bagi siswa. Pemanfaatan YouTube berpotensi mentransformasi pembelajaran PAI dari yang cenderung tekstual menjadi lebih interaktif dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam strategi pemanfaatan YouTube, dampaknya terhadap pemahaman, serta implikasinya bagi sikap religius siswa di SMPIT Rabbani Muara Enim. Secara spesifik, penelitian ini mengkaji: (1) strategi guru dalam memanfaatkan media YouTube dalam pembelajaran PAI; (2) pemahaman siswa terhadap pembelajaran PAI berbasis YouTube; dan (3) implikasi pemanfaatan YouTube terhadap pengembangan sikap religius siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi yang melibatkan guru PAI, pimpinan sekolah, dan siswa. Data dianalisis menggunakan model yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta divalidasi melalui triangulasi sumber dan teknik untuk menjamin kredibilitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Strategi guru dalam memanfaatkan YouTube bersifat sistematis dan profesional, mencakup perencanaan kurikuler, kurasi konten yang ketat, implementasi yang menempatkan guru sebagai fasilitator aktif, dan evaluasi berkelanjutan yang didukung penuh oleh institusi. Pemanfaatan YouTube meningkatkan pemahaman siswa secara signifikan, yang ditandai dengan tumbuhnya antusiasme (ranah afektif), kemudahan memahami konsep abstrak (ranah kognitif), serta meningkatnya partisipasi aktif dan kemandirian belajar (ranah perilaku). Implikasi pemanfaatan YouTube berdampak positif pada pembentukan sikap religius siswa, yang termanifestasi dalam internalisasi nilai-nilai akhlak, peningkatan motivasi ibadah ritual, dan penerapan perilaku sosial yang lebih baik dalam kehidupan sehari hari. Simpulannya, pemanfaatan YouTube yang terencana dan strategis dalam ekosistem sekolah yang suportif terbukti efektif tidak hanya untuk transfer pengetahuan, tetapi juga untuk mencapai tujuan utama PAI, yaitu pembentukan karakter religius siswa secara holistik.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Agustian, Andikaagustianandika09@gmail.com
Fakhruddin, Fakhruddinfakhruddin@iaincurup.ac
Wanto, Derideriwanto@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, YouTube, Pendidikan Agama Islam (PAI), Pemahaman Siswa, Sikap Religius
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 03 Sep 2025 08:18
Last Modified: 03 Sep 2025 08:18
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9083

Actions (login required)

View Item View Item