Penerapan Strategi Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Di MTsN 2 Filial Rejang Lebon

Anggraini, Jesilia Puspa and Fakhruddin, Fakhruddin and Indrawari, Karliana (2025) Penerapan Strategi Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Di MTsN 2 Filial Rejang Lebon. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Jesilia Puspa Anggraini_21531078.pdf

Download (6MB)

Abstract

Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan salah satu strategi yang menekankan pada berpikir tingkat lebih tinggi, transfer pengetahuan lintas disiplin, serta pengumpulan, penganalisa dan penyintesisan informasi dan data dari berbagai sumber dan pandangan. Tujuan penelitian ini yaitu pertama, untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi Contextual Teaching and Learning di MTsN 2 Filial Rejang Lebong. Kedua, untuk mengetahui bagaimana kemampuan berfikir kritis peserta didik di MTsN 2 Filial Rejang Lebong. Ketiga, untuk mengetahui Bagaimana strategi Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa di MTsN 2 Filial Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian campuran (mixed methods) dengan tipe Squential Explanatory Designs. Populasi dalam penelitian ini yakni siswa-siswi MTsN 2 Filial Rejang Lebong sebanyak 27 siswa, sampelnya yaitu seluruh siswa MTsN 2 Filial Rejang Lebong, subjek penelitian yaitu guru SKI dan siswa-siswi kelas VII, VIII, dan IX. Jenis data yakni data kuantitatif dan kualitatif, sumber data yakni primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan angket observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta Teknik analisis data, untuk data kuantitatif menggunakan uji validitas, reliabilitas dan analisis korelasi sementara untuk data kualitatif dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pertama, hasil wawancara dan observasi menunjukkan bahwa penerapan Strategi CTL telah sesuai dengan langkah yang seharusnya serta siswa-siswi menyatakan setuju bahkan sangat setuju terhadap penerapan strategi contextual teaching and learning dengan nilai 48% setuju dan 33% sangat setuju. Kedua, hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa-siswi memiliki kemampuan berpikir kritis, tetapi masih ada beberapa kegiatan yang memerlukan bimbingan, kemampuan berfikir kritis siswa menunjukkan 49% setuju dan 30% sangat setuju. Ketiga, Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa di MTsN 2 Filial Rejang Lebong. Hal ini dibuktikan dengan hasil korelasi product moment diperoleh nilai rhitung sebesar 0,806, lebih besar dari rtabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 0,3120, yang selanjutnya dilakukan uji-t, didapatkan hasil thitung sebesar 6,535 lebih besar dari ttabel 1,708, jadi Hɑ diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, CTL, Berfikir Kritis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Anggraini, Jesilia Puspajanggraini@iaincurup.ac,id
Fakhruddin, Fakhruddinfakhruddin@iaincurup.ac.id
Indrawari, Karlianakarlianaindrawari@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 02 Sep 2025 07:41
Last Modified: 02 Sep 2025 07:41
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9063

Actions (login required)

View Item View Item