Purnama Sari HS, Devi and Harmi, Hendra and Gunawan, Guntur (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning Berbantuan Canva terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) pada Mata Pelajaran PAI Kelas III di SD N 63 Lebong. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Fulltext.pdf - Accepted Version Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Perbedaan hasil belajar siswa yang belajar dengan penerapan model pembelajaran Game Based Learning berbantuan aplikasi Canva dengan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional tanpa bantuan canva. 2) Perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan berpikir Tingkat tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir Tingkat rendah. 3) Pengaruh interaksi dari model pembelajaran game based learning dengan berbantuan canva dan kemampuan berpikir Tingkat tinggi terhadap hasil belajar siswa. 4) Perbedaan hasil belajar siswa dengan diterapkan model pembelajaran Game Based Learning berbantuan aplikasi Canva pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir Tingkat rendah dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional tanpa bantuan canva. 5) Perbedaan hasil belajar siswa dengan diterapkan model pembelajaran Game Based Learning berbantuan aplikasi Canva pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir Tingkat tinggi dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional tanpa bantuan canva. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen. Dengan desain nonquivalent kontrol grup. Populasi penelitian yaitu 44 siswa kelas III SD N 63 Lebong dan sampel yang digunakan adalah 40 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar. Instrument yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur berpikir Tingkat tinggi dan pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa yang sudah valid dan reliable. Data dianalisis analisis uji anava dua jalur dan dilanjutkan dengan uji tuckey. Hasil penelitian menunjukkan 1) Model pembelajaran Game Based Learning (GBL) berbantuan aplikasi Canva terbukti lebih efektif dibandingkan model konvensional, dengan hasil ANAVA dua jalur menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, menandakan perbedaan hasil belajar yang signifikan. 2) Kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, menunjukkan bahwa siswa HOTS memiliki hasil belajar lebih tinggi dibanding siswa dengan kemampuan berpikir rendah. 3) Terdapat interaksi signifikan antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir terhadap hasil belajar, ditunjukkan oleh nilai signifikansi 0,004 < 0,05 berdasarkan ANAVA dua jalur. 4) Siswa HOTS yang belajar dengan GBL Canva memiliki hasil belajar rata-rata 85,90, lebih tinggi dibandingkan model konvensional 78,60, dengan Qhitung = 4,03 > Qtabel 2,90 (α = 0,05) dan 3,80 (α = 0,01). 5) Siswa berpikir rendah dengan GBL Canva memperoleh rata-rata 67,60, lebih tinggi dari model konvensional 49,60, dengan Qhitung = 10,72 > Qtabel 2,90 (α = 0,05) dan 3,80 (α = 0,01). Kata kunci : Game Based Learning, Canva, HOTS, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
||||||||
Divisions: | Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2 | ||||||||
Depositing User: | akun8 akun8 | ||||||||
Date Deposited: | 02 Sep 2025 03:55 | ||||||||
Last Modified: | 02 Sep 2025 03:55 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9060 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |