Implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI dan implikasinya terhadap perilaku peserta didik kelas XI di SMA negeri 1 Muara Enim

Hatamudin, Zamrud and Purnamasari, Dewi and Iswanto, Rahmat (2025) Implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI dan implikasinya terhadap perilaku peserta didik kelas XI di SMA negeri 1 Muara Enim. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PAI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERILAKU P.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran strategis dalam menangkal intoleransi dan radikalisme, namun implementasinya seringkali belum optimal dalam membentuk karakter moderat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Unggulan Muara Enim, dan (2) implikasinya terhadap perilaku peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) di SMA Negeri 1 Unggulan Muara Enim. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi dengan subjek penelitian yang meliputi guru PAI, Kepala Sekolah, dan siswa kelas XI. Analisis data dilakukan dengan model interaktif yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi moderasi beragama berjalan secara sistematis melalui model sinergis, di mana kebijakan top-down dari pimpinan sekolah yang menjadikan moderasi sebagai budaya, bertemu dengan strategi bottom-up dari guru yang mengintegrasikan nilai-nilai tersebut ke dalam kurikulum dan menerapkan metode pembelajaran partisipatif. Implikasinya, terjadi transformasi perilaku siswa yang signifikan: dari sikap eksklusif menjadi lebih inklusif dan harmonis, serta terbentuknya daya tangkal dan sikap kritis untuk menolak konten radikal. Disimpulkan bahwa model implementasi yang holistik dan sistematis ini efektif dalam membentuk karakter siswa yang moderat, toleran, dan kritis di lingkungan sekolah yang plural. Kata Kunci: Moderasi Beragama, Pendidikan Agama Islam, Perilaku Siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Hatamudin, Zamrudzambrud.hatamudin@iaincurup.ac.id
Purnamasari, Dewidewipurnamasari@gmail.com
Iswanto, RahmatRahmatiswanto@gmail.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education
L Education > LA History of education
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 03 Sep 2025 02:39
Last Modified: 03 Sep 2025 02:39
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9053

Actions (login required)

View Item View Item