Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Al Amin (P5 Ppra) Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) Se Kabupaten Rejang Lebong

Putri, Iin Febrianti and Zulaiha, Siti and Meldina, Tika (2025) Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Al Amin (P5 Ppra) Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) Se Kabupaten Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
fulltext.pdf - Accepted Version

Download (7MB)

Abstract

Pelaksanaan Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kabupaten Rejang Lebong baru beberapa Madrasah yang pelaksanaanya sudah cukup baik meskipun tidak terlepas dari hambatan yang ada. Fokus utama penelitian adalah menggambarkan bagaimana nilai-nilai islam yang penuh kasih sayang dan toleransi dalam aktivitas pembelajaran projek. oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan lil Alamin di Madrasah Ibtidaiya Negeri Sekabupaten Rejang Lebong. 2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pelaksanaan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil Alamin di Madrasah Ibtidaiya Negeri Sekabupaten Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas rendah dan kelas tinggi dan siswa kelas rendah dan kelas tinggi dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) di Kabupaten Rejang Lebong, yang dipilih secara purposive Sampling, Seluruh subjek merupakan guru dan siswa yang terlibat aktif dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan lil ‘Alamin. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data meliputi redukasi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kabupaten Rejang Lebong dua Madrasah yang sudah melaksanakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin dengan pendekatan kontekstual yang mencerminkan kebersamaan sesuai dengan prinsip Rahmatan Lil Alamain. Sedangkan dua Madrasah lainya belum begitu aktif dalam pelaksanaanya. Kegiatan yang di laksanakan sesuai dengan pembiasaan sikap, kerja sama kelompok, dan penguatan karakter dan akhlak peserta didik. Namun, terdapat tantangan dalam hal pemahaman guru terhadap makna dasar tema. 2) Untuk faktor pendukung dalam pelaksanaan projek ini meliputi dukungan kepala sekolah, serta semangat komitmen antar guru. Sementara itu faktor penghambat yang di hadapi adalah keterbatasan pemahaman sebagian guru terhadap konsep rahmatan lil alamin, kurangnya sarana pendukung, dan keterbatasan waktu dalam pelaksanaan projek. Kata Kunci: Profil Pelajar Pancasila, Profil Pelajar Rahmatan lil ‘alamin,

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Putri, Iin Febriantiiincrp91@gmail.com
Zulaiha, Sitisitizulaiha@iaincurup.ac.id
Meldina, Tikatikameldina@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 01 Sep 2025 07:52
Last Modified: 01 Sep 2025 07:52
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9042

Actions (login required)

View Item View Item