Efektivitas Media Diagram Fishbone Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa

Sari, Astri Novita and Ummul, Khair and Irsal, Irni Latifa (2025) Efektivitas Media Diagram Fishbone Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
FULLTEKS,...pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA IT Khoiru Ummah. Siswa mengalami kesulitan dalam mengembangkan ide, menyusun struktur teks eksplanasi secara sistematis, serta kurang memahami penggunaan kaidah kebahasaan yang tepat. Selain itu, proses pembelajaran menulis yang dilakukan guru cenderung bersifat konvensional dan belum memanfaatkan media pembelajaran yang inovatif dan menarik. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan media Diagram Fishbone sebagai alternatif pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memetakan dan mengorganisasi ide secara lebih jelas dan terarah. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab tiga rumusan masalah, yaitu: (1) bagaimana keterampilan menulis teks eksplanasi siswa sebelum menggunakan media Diagram Fishbone, (2) bagaimana keterampilan menulis teks eksplanasi siswa setelah menggunakan media Diagram Fishbone, dan (3) apakah media Diagram Fishbone efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian terdiri dari 11 siswa kelas XI IPS SMA IT Khoiru Ummah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes menulis sebelum dan sesudah penggunaan media Diagram Fishbone. Hasil penelitian menununjjukan bahwa (1) Keterampilan menulis teks eksplanasi siswa sebelum menggunakan media Diagram Fishbone masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil pretest yang diperoleh, yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 32,73. Nilai tersebut menunjukkan bahwa mayoritas siswa belum mampu mengembangkan gagasan secara logis dan sistematis sesuai struktur teks eksplanasi.(2) Keterampilan menulis teks eksplanasi siswa mengalami peningkatan signifikan setelah diterapkannya media Diagram Fishbone. Hal ini terlihat dari hasil posttest dengan nilai rata-rata sebesar 78,36. Siswa menjadi lebih mudah dalam merancang ide dan menyusunnya ke dalam teks yang terstruktur sesuai dengan kaidah teks eksplanasi. (3) Media Diagram Fishbone terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI IPS SMA IT Khoiru Ummah. Keefektifan ini dibuktikan melalui hasil uji statistik menggunakan paired sample t-test, yang menunjukkan nilai t-hitung sebesar 10,739 lebih besar dari t-tabel 2,228, dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara keterampilan menulis sebelum dan sesudah perlakuan. Selain itu, nilai N-Gain sebesar 0,66 menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan siswa berada pada kategori cukup efektif. Kata Kunci: Diagram Fishbone, keterampilan menulis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sari, Astri NovitaUNSPECIFIED
Ummul, Khairummulkhair1213@gmail.com
Irsal, Irni Latifairni.latifa@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 01 Sep 2025 04:30
Last Modified: 01 Sep 2025 04:30
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9037

Actions (login required)

View Item View Item