Metode Mendidik Shalat Anak dalam Kitab Hadis Sunan Abu Daud dan Implementasinya di SDIT Ummatan Wahidah Rejang Lebong

Saputra, Een and Azwar, Beni and Siswanto, Siswanto (2025) Metode Mendidik Shalat Anak dalam Kitab Hadis Sunan Abu Daud dan Implementasinya di SDIT Ummatan Wahidah Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text
METODE MENDIDIK SHALAT ANAK DALAM KITAB HADIS.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Een Saputra NIM 21531043 “Metode Mendidik Shalat Anak Dalam Kitab Hadis Sunan Abu Daud dan Implementasinya di SDIT Ummatan Wahidah Rejang Lebong”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penanaman nilai ibadah kepada anak sejak dini, khususnya ibadah shalat, sebagai bagian dari pembentukan karakter religius. Dalam Kitab Hadis Sunan Abu Daud No. 495 menyebutkan bahwa anak diperintahkan salat sejak usia tujuh tahun dan diberikan konsekuensi mendidik apabila tidak melaksanakannya pada usia sepuluh tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode pendidikan dalam hadis tersebut diimplementasikan di SDIT Ummatan Wahidah Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan subjek penelitian yaitu guru sekolah, orang tua, dan siswa SDIT Ummatan Wahidah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDIT Ummatan Wahidah telah menerapkan metode pendidikan sesuai hadis tersebut melalui pendekatan perintah langsung, pembiasaan ibadah, keteladanan guru, dan bimbingan intensif. Prinsipprinsip seperti tanggung jawab, disiplin, kasih sayang, dan pemberian konsekuensi mendidik dijalankan secara seimbang. Shalat tidak hanya menjadi kewajiban ibadah, tetapi juga menjadi media pembentukan karakter, kedisiplinan, dan ketaatan kepada Allah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pendidikan anak dalam hadis Abu Daud No. 495 sangat relevan dan aplikatif untuk diterapkan dalam konteks pendidikan Islam masa kini, terutama di sekolah dasar Islam terpadu. Kata Kunci: Pendidikan Anak, Hadis Abu Daud, Shalat, Karakter, Pendidikan Islam Terpadu

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Saputra, Eeneencurup0@gmail.com
Azwar, Benibeniazwar1967@gmail.com
Siswanto, Siswantosiswanto@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 01 Sep 2025 02:03
Last Modified: 01 Sep 2025 02:03
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9029

Actions (login required)

View Item View Item