Pengaruh Penggunaan Metode Jarimatika pada Perkalian dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Sukarame Jaya

Harsanah, Yola SaRI and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Rahmadeni, Fevi (2025) Pengaruh Penggunaan Metode Jarimatika pada Perkalian dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Sukarame Jaya. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text
SKRIPSI YOLA SARI HARSANAH docx.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Yola Sari Harsanah (21591244), judul skripsi ”Pengaruh Penggunan Metode Jarimatika Pada Perkalian Mata Pelajaran Matematika Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa kelas III SD Negeri 1 Sukarame Jaya ”. Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Angkatan 2021 IAIN Curup. Motivasi belajar siswa yang rendah diduga disebabkan oleh kesulitan dalam memahami konsep perkalian, yang kemungkinan besar diakibatkan oleh proses pembelajaran yang kurang menarik dan tidak interaktif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk 1)bagimana Motivasi Belajar Matematika Siswa Sesusudah Diajar Menggunakan Metode Jarimatika Di Sekolah Dasar Negeri 1 Sukarame Jaya 2) Membuktikan terdapat pengaruh metode jarimatika terhadap Motivasi Belajar matematika siswa di sekolah dasar negeri 1 sukarame jaya Mengetahui Sejauh Mana Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Jarimatika Terhadap Motivasi Belajar Matematika Pada Materi Perkalian Siswa Kelas III Di Sekolah Dasar Negeri 1 Sukarame Jaya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimental. Desain yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest, yaitu dengan memberikan tes awal (pretest), kemudian dilanjutkan dengan pemberian perlakuan (treatment), dan diakhiri dengan tes akhir (posttest) di SD Negeri 1 Sukarame Jaya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Paired Samples T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest siswa adalah 63,9, sedangkan rata-rata nilai posttest meningkat menjadi 83,4. itu, rata-rata skor angket motivasi belajar siswa mencapai 74. Melalui uji hipotesis menggunakan Paired Samples T-Test, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000, yang lebih kecil dari nilai α = 0,05 (0,000 < 0,05). Berdasarkan hasil tersebut, maka Hₐ diterima dan H₀ ditolak, yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode jarimatika terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas III di SD Negeri 1 Sukarame Jaya. Kata Kunci : metode jarimatika, motivasi belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Harsanah, Yola SaRIhasanahyolasari@gmail.com
Hamengkubuwono, Hamengkubuwonohamengku7@gmail.com
Rahmadeni, Fevifevirahmadeni@iain.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 01 Sep 2025 02:44
Last Modified: 01 Sep 2025 02:44
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9024

Actions (login required)

View Item View Item