Penerapan Prinsip-Prinsip Behavioristik dalam Memotivasi Siswa pada Pembelajaran Fiqih di MIN 01 Nanti Agung Kecamatan Tebat Karai Kabupaten Kepahiang

Kumbara, Bram and Sutarto, Sutarto and Ristianti, Dina Hajjah (2025) Penerapan Prinsip-Prinsip Behavioristik dalam Memotivasi Siswa pada Pembelajaran Fiqih di MIN 01 Nanti Agung Kecamatan Tebat Karai Kabupaten Kepahiang. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
TESIS BRAM KUMBARA LENGKAP.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama Bram Kumbara, Nim. 22871005, Penerapan Prinsip-Prinsip Behavioristik Dalam Memotivasi Siswa Pada Pembelajaran Fiqih Di MIN 01 Nanti Agung Kecamatan Tebat Karai Kabupaten Kepahing, Tesis Program Pascasarjana IAIN Curup, Program Studi Pendidikan Agama Islam, 2025. Penelitian ini bertujuan Untuk“mengetahui dan menganalisis prinsip-prinsip behaviorristik apa saja yang diterapkan dalam proses pembelajaran Fiqih di MIN 01 Kepahiang, Untuk“mengevaluasi dan menganalisis implikasi terhadap pembelajaran terhadap prinsip-prinsip teori behavioristik dalam pembelajaran Fiqih di MIN 01 Nanti Agung, Kecamatan Tebat Karai, Kabupaten Kepahiang.” “Metode penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan jenis field research (penelitian lapangan), dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, serta teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, peneliti memilih jenis penelitian ini karena data yang dikumpulkan dari keadaan alamiah dimana fenomena penelitian ditemukan. Keadaan alamiah yang dimaksud adalah kehidupan sehari-hari objek-objek yang dipelajari. Tujuannya adalah untuk memahami, mengamati, dan berinteraksi dengan orang-orang dalam keadaan alamiahnya.” “Berdasarakan pernyataan dari hasil wawancara diatas menjelaskan bahwa hasil dari penerapan prinsip-prinsip behavioristik dalam memotivasi siswa pada pembelajaran fiqih di MIN 01 Nanti Agung, Kecamatan Tebat Karai, Kabupaten Kepahiang, sesuai yang diharapkan karena penerapan ini mengikuti kurikulum pendidikan terdapat dua komponen pembelajaran yaitu bidang pengembangan pembiasaan belajar meliputi moral, nilai- nilai agama, sosial, emosianal, dan kemandirian. Kedua kompenen dalam pembelajaran meliputi tujuan, metode, materi, dan evaluasi. Hasil penelitian ini dalam menerapkan prinsip-prinsip behavioristik dalam pembelajaran fiqih, guru terus berupaya untuk meningkatkan kemampuannya di hadapan siswa serta memiliki kompetensi. Untuk meningkatkan kompetensi guru khususnya guru fikih, pihak madrasah terus berupaya dan terus mengaktifkan kelompok-kelompok belajar guna untuk mendalami mata pelaajaran yang di ampuh oleh guru tersebut. Guru juga ikut serta mengikuti pelatihan-pelatihan.” “Melalui paparan yang telah dijelaskan, dapat diambil kesimpulan bahwa betapa pentingnya pendekatan terhadap peserta didik. Hal ini dimaksudkan agar siswa termotivasi dalam belajar, dan rasa bosan pun tidak mudah muncul pada diri siswa. Dalam melakukan pendekatan terhadap siswa maka diperlukan metode. Metode dengan strategi berbeda. Upaya digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran sedangkan strategi adalah rencana yang sudah di tetapkan seperti kegiatan pembelajaran, proses pembelajaran, sarana penunjang belajar dan sebagainya.” Kata Kunci : Prinsip-prinsip Behavioristik, Motivasi Siswa, Pembelajaran Fiqih.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Kumbara, Brambramkumbara233@gmail.com
Sutarto, Sutartosutarto@iaincurup.ac.id
Ristianti, Dina Hajjahdinahajja@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Prinsip-prinsip Behavioristik, Motivasi Siswa, Pembelajaran Fiqih.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 01 Sep 2025 02:35
Last Modified: 01 Sep 2025 02:35
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9023

Actions (login required)

View Item View Item