Pengaruh Penggunaan Metode Classroom Reading Progam terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V di SDN 7 Rejang Lebong

Sasnika, Viki and Khair, Ummul and Iskandar, Zelvi (2025) Pengaruh Penggunaan Metode Classroom Reading Progam terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V di SDN 7 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
VIKI SASNIKA Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Viki Sasnika, NIM. 21591225 “Pengaruh Penggunaan Metode Classroom Reading Progam terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V di SDN 7 Rejang Lebong”. Skripsi program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai menulis karangan narasi siswa. Banyak siswa kelas V SDN 7 Rejang Lebong masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan ide, menyusun alur cerita, dan menggunakan kosakata yang tepat. Rendahnya minat baca dan kurangnya paparan terhadap teks berkualitas diduga menjadi faktor penyebab utama masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan metode Classroom Reading Program terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V di SDN 7 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experiment dengan desain pretest-posttest control group. Sampel terdiri dari 50 siswa yang terbagi menjadi kelompok eksperimen (menggunakan Classroom Reading Program) dan kelompok kontrol (pembelajaran konvensional). Data dikumpulkan melalui tes menulis, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan uji statistik parametrik dan perhitungan effect size. Analisis data pada penelitian ini menggunakan IBM SPSS Statistics 22 sebuah software statistik . Hasil penelitian membuktikan efektivitas Classroom Reading Program dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi. Kelas eksperimen menunjukkan peningkatan nilai rata-rata yang signifikan dari 67.20 menjadi 87.00, sementara kelas kontrol hanya meningkat dari 67.80 menjadi 70.00. Uji statistik independent sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0.000 (<0.05) dengan effect size Cohen's d sebesar 2.40 yang termasuk dalam kategori efek sangat besar. Hasil uji normalitas (Shapiro-Wilk) dan homogenitas (Levene's Test) menunjukkan data berdistribusi normal (p>0.05) dan homogen (p=0.100). Temuan ini membuktikan bahwa Classroom Reading Program efektif meningkatkan kemampuan menulis narasi sekaligus menumbuhkan minat baca siswa. Kata kunci : Classroom Reading Program, Menulis Karangan Narasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sasnika, Vikivikib4999@gmail.com
Khair, Ummulummulkhair@iaincurup.ac.id
Iskandar, ZelviZelvi.is89@gmail.cpm
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 25 Sep 2025 02:19
Last Modified: 25 Sep 2025 02:19
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/9012

Actions (login required)

View Item View Item