Wulandari, Suci and Sutarto, Sutarto and Idris, Muhammad (2025) Kreativitas Guru Pai dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Smp Negeri 4 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Suci Wulandari Fulltext.pdf - Accepted Version Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Suci Wulandari NIM. 20531154 Kreativitas Guru PAI Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kitis Siswa Di SMP Negeri 4 Rejang Lebong Pentingnya kreativitas guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa, karena pendidikan agama memiliki peran kunci dalam membentuk siswa yang kritis dan analitis, sehingga mereka dapat menghadapi tantangan kehidupan dengan lebih baik. Pendidikan Agama Islam (PAI) sendiri memiliki peran yang sangat signifikan dalam membentuk siswa yang tidak hanya memiliki pengetahuan agama yang baik, tetapi juga mampu berpikir kritis dan analitis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 4 Rejang Lebong dan kreativitas guru PAI dalam mengembangkan kemampuan tersebut, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang memungkinkan pemahaman yang lebih mendalam tentang fenomena yang diteliti, sehingga hasil penelitian dapat memberikan gambaran yang lebih akurat tentang situasi di lapangan. Metode kualitatif ini dipilih karena mampu memberikan insight yang lebih kaya tentang bagaimana kreativitas guru PAI mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 4 Rejang Lebong meliputi beberapa aspek penting, yaitu: (a) mengidentifikasi dalam menganalisis informasi, (b) mengembangkan dan menguji hipotesis, (c) mengidentifikasi, menganalisis pola dan hubungan, (d) mengidentifikasi dan menguji argumen, dan (e) mengambil keputusan berdasarkan analisis, sedangkan kreativitas guru PAI dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 4 Rejang Lebong meliputi: (a) memvariasikan gaya dalam mengajar, (b) memvariasikan pemilihan media, dan (c) memvariasikan penggunaan metode, yang kesemuanya bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan efektif. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Kreativitas Guru PA
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2025 03:10 | ||||||||
Last Modified: | 01 Sep 2025 03:10 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8983 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |