Wulanda Saputri, Ikke and Wahyudi, Edi and Dewi, Jauhari Kumara (2025) Pengaruh Metode Lattice terhadap Kemampuan Berhitung Operasi Perkalian Kelas 3 di Sdn 07 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Ikke Fulltext.pdf - Accepted Version Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Pengaruh Metode Lattice Terhadap Kemampuan Berhitung Operasi Perkalian Kelas 3 di SDN 07 Rejang Lebong Ikke Wulanda Saputri, Nim. 21591093 Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung operasi perkalian siswa kelas III di SDN 07 Rejang Lebong. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kemampuan berhitung siswa sebelum diterapkan metode Lattice, 2) Mendeskripsikan penerapan metode Lattice dalam pembelajaran perkalian, 3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Lattice terhadap peningkatan kemampuan berhitung siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Experiment (eksperimen semu), yaitu Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh karena populasi dianggap homogen. Sampel penelitian berjumlah 40 siswa, terdiri dari kelas III A sebagai kelas kontrol dan kelas III B sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas, dan independent samples test menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitung siswa sebelum diterapkan metode Lattice berada pada kategori rendah, dengan rata-rata nilai pretest kelas eksperimen 60,25 dan kelas kontrol 59,75. Penerapan metode Lattice dalam pembelajaran perkalian dilakukan melalui langkah-langkah pembuatan kotak perkalian, mengalikan angka bersesuaian, dan menjumlahkan hasil pada diagonal sehingga mempermudah siswa memahami konsep perkalian. Selain itu, terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode Lattice terhadap peningkatan kemampuan berhitung siswa, yang ditunjukkan oleh hasil uji-t dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 (< 0,05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Temuan ini membuktikan bahwa metode Lattice efektif digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa. Kata Kunci: Metode Lattice, Kemampuan Berhitung, Operasi Perkalian
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2025 07:10 | ||||||||
Last Modified: | 01 Sep 2025 07:10 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8980 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |