Pemanfaatan Koleksi Monograf di Perpustakaan SMANegeri 2 Rejang Lebong

Rosalina, Vinia and Yumiarty, Yuyun and Rodin, Rhoni (2025) Pemanfaatan Koleksi Monograf di Perpustakaan SMANegeri 2 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text
skripsi vinia 1-5 dan lampiran full.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

PEMANFAATAN KOLEKSI MONOGRAF DI SMA NEGERI 2 REJANG LEBONG Abstrak Vinia Rosalina Nim:20691026 Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat pemanfaatan koleksi monograf di Perpustakaan SMA Negeri 2 Rejang Lebong dan mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi serta strategi peningkatan pemanfaatannya. Koleksi monograf merupakan sumber informasi penting yang mendukung proses belajar siswa secara mendalam dan terfokus pada bidang-bidang tertentu. Namun, dalam praktiknya, pemanfaatan koleksi ini belum optimal dan memerlukan analisis lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods) dengan pendekatan penjelasan sekuensial (sequential explanatory). Data kuantitatif dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada siswa, sedangkan data kualitatif diperoleh dari wawancara mendalam dengan pustakawan dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan koleksi monograf oleh siswa berada dalam kategori tinggi, yaitu sebesar 78%. Meskipun demikian, masih ditemukan berbagai kendala dalam pemanfaatannya, seperti keterbatasan promosi koleksi, minimnya sosialisasi manfaat koleksi, sistem katalog yang belum berbasis digital, serta keterampilan siswa dalam menelusur informasi yang belum merata. Beberapa faktor utama yang memengaruhi pemanfaatan koleksi meliputi kualitas dan relevansi isi koleksi, aksesibilitas fisik dan digital, efektivitas sistem katalog, tersedianya fasilitas pendukung, kompetensi pustakawan, literasi informasi siswa, dan budaya membaca di lingkungan sekolah. Sebagai upaya untuk meningkatkan pemanfaatan koleksi monograf, penelitian ini merekomendasikan beberapa strategi seperti pengadaan koleksi tematik yang sesuai dengan kebutuhan kurikulum, digitalisasi koleksi agar lebih mudah diakses, perbaikan fasilitas ruang baca, pengembangan sistem katalog online yang ramah pengguna, peningkatan promosi koleksi melalui berbagai media, penyelenggaraan program literasi informasi, serta pelibatan aktif guru dalam pemilihan dan penggunaan koleksi. Dengan pelaksanaan strategi-strategi ini, perpustakaan sekolah diharapkan dapat berperan lebih maksimal sebagai pusat sumber belajar yang mendukung pengembangan akademik dan literasi siswa secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Rosalina, Viniaviniarosalina@iaincurup.ac.id
Yumiarty, Yuyunyuyunyumiarty@iaincurup.ac.id
Rodin, Rhonirhonirodin@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Digitalisasi,KoleksiMonograf,LiterasiInformasi,Pemanfaatan, Perpustakaan Sekolah
Subjects: L Education
L Education > LE Individual institutions (America except United States)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 27 Aug 2025 01:50
Last Modified: 28 Aug 2025 01:32
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8968

Actions (login required)

View Item View Item