Penerapan Media Pembelajaran Miniatur Rumah Rangkaian Arus Listrik Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 10 Kepahiang

Julianti, Julianti and Baryanto, Baryanto and Fransiska, Jenny (2025) Penerapan Media Pembelajaran Miniatur Rumah Rangkaian Arus Listrik Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 10 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Julianti, 21591107.pdf

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Julianti, (21591107), Judul skripsi “Penerapan Media Pembelajaran Miniatur Rumah Rangkaian Arus Listrik Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 10 Kepahiang” Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilaksanakan dikelas V SDN 10 Kepahiang, penelitian ini bertujuan 1).untuk mengetahui bagaimana penerapan media pembelajaran miniatur rumah rangkaian arus listrik berbasis project based learning pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN 10 Kepahiang 2). Untuk mengetahui Apakah penerapan media pembelajaran miniatur rumah rangkaian arus listrik berbasis project based learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V sdn 10 kepahiang Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Model Kurt Lewin. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2024/2025 dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 10 Kepahiang. hasil belajar siswa pada prasiklus, nilai rata rata kelas adalah 65 dengan presentase ketuntasan belajar 39% yang berarti belum mencapai KKM. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, nilai rata rata kelas meningkat menjadi 67,32 dengan ketuntasan belajar 48,38%. Kemudian pada siklus II, nilai rata rata kelas meningkat menjadi 79,77 dengan ketuntasan belajar 90,32%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan media miniatur rumah rangkaian arus listrik berbasis project based learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 10 Kepahiang. Kata Kunci: Media Miniatur Rumah Rangkaian Arus listrik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Julianti, Juliantiyjuli995@gmail.com
Baryanto, Baryantobaryanto@iaincurup.ac.id
Fransiska, Jennyjennyfransiska@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Media Miniatur Rumah Rangkaian Arus listrik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 28 Aug 2025 07:44
Last Modified: 28 Aug 2025 07:44
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8960

Actions (login required)

View Item View Item