Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Di Madrasah Ibtidayah Negeri (MIN) Se Kabupaten

Sanjaya, Novan and Zulaiha, Siti and Meldina, Tika (2025) Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Di Madrasah Ibtidayah Negeri (MIN) Se Kabupaten. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
SKRIPSI NOVAN SANJAYA ( 21591145).pdf - Accepted Version

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI NOVAN SANJAYA ( 21591145) (1).pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Novan Sanjaya, NIM. 21591145. “Peggunaan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran di Madrasah Ibtidayah Negeri (MIN) Se Kabupaten Rejang Lebong,’’ Skripsi pada program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah IAIN Curup. Perkembangan teknologi informasi telah memberikan dampak signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) sebagai lembaga pendidikan dasar berbasis keagamaan di Kabupaten Rejang Lebong dituntut untuk mampu mengintegrasikan teknologi informasi (TI) dalam proses pembelajaran guna meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Untuk Mengetahui penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran di Madrasah Ibtidayah Negeri (MIN) se-kabupaten Rejang Lebong, 2) Untuk Mengetahui Faktor Pendukung dan penghambat pengunaan teknologi informasi dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari kepala madrasah, guru, dan siswa pada empat MIN di Kabupaten Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di beberapa MIN perwakilan di wilayah tersebut. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran di MIN se-Kabupaten Rejang Lebong menunjukkan perkembangan yang beragam. 2). Faktor pendukung pemanfaatan teknologi meliputi semangat guru, ketersediaan perangkat, dan komitmen untuk berinovasi. Hambatan utamanya adalah minimnya pelatihan, keterampilan yang belum merata, terbatasnya perangkat, dan akses internet. Dukungan sarana dan kebijakan diperlukan agar integrasi teknologi berjalan optimal. Kata Kunci: Teknologi Informasi, Pembelajaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sanjaya, Novannovan@iaincurup.ac.id
Zulaiha, Sitisitizulaiha@iaincurup.ac.id
Meldina, Tikatikameldina@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 01 Sep 2025 03:04
Last Modified: 01 Sep 2025 03:04
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8950

Actions (login required)

View Item View Item