Persepsi Siswa Terhadap Manajemen Pembelajaran Guru di SMP Negeri 5 Rejang Lebong

Suryani, Ade and Ristianti, Dina Hajja and Bahri, Syaiful (2022) Persepsi Siswa Terhadap Manajemen Pembelajaran Guru di SMP Negeri 5 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Skripsi Ade Suryani (2).pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi bagaimana persepsi siswa terhadap manajemen pembelajaran guru dalam indikator perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi di SMP Negeri 5 Rejang Lebong. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pendekatan kuantitatif model deskriptif. Populasi penelitian ini berjumlah 623 siswa/siswi. Pengambilan besar sampel dalam penelitian ini dilakukan menggunakan rumus slovin, sementara itu teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Besar sampel penelitian adalah 66 orang. Dan non sampel 30 orang diluar sampel. Instrumen penelitian ini adalah bentuk kuesioner dengan menggunakan model skala likert yang telah di uji validitas serta reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik deskriptif. Teknik analisis deskriptif yang digunakan dalam penelitian adalah melalui perhitungan yaitu menentukan tabel distribusi frekuensi, menentukan mean, median, modus, standar deviasi dan menentukan tabel kecendrungan variabel. Berdasarkan hasil analisis data pada 66 responden siswa/siswi SMP Negeri 5 Rejang Lebong bahwa hasil penelitiannya adalah: 1) Persepsi siswa terhadap manajemen pembelajaran guru di SMP Negeri 5 Rejang Lebong dalam merencanakan pembelajaran sudah terlaksana dengan baik dengan skor rata-rata 37,9%. 2) Persepsi siswa terhadap manajemen pembelajaran guru di SMP Negeri 5 Rejang Lebong dalam melaksananakan pembelajaran sudah terlaksana dengan baik dengan skor rata-rata 45,5%. 3) Persepsi siswa terhadap manajemen pembelajaran guru di SMP Negeri 5 Rejang Lebong dalam pengavaluasian pembelajaran sudah terlaksana dengan baik dengan skor rata-rata 39,4%. Secara umum persepsi siswa terhadap manajemen pembelajaran guru di SMP Negeri 5 Rejang Lebong dapat dikategorikan sudah terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Suryani, AdeUNSPECIFIED
Ristianti, Dina HajjaUNSPECIFIED
Bahri, SyaifulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa, Manajemen Pembelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with username emeraldo nugroho
Date Deposited: 17 Jan 2023 08:20
Last Modified: 17 Jan 2023 08:49
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/894

Actions (login required)

View Item View Item