Pengaruh Metode Follow The Line Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Fase A Di SDN 134 Rejang Lebong

Puspitasari, Intan and Lukman, Asha and Febriansyah, Febriansyah (2025) Pengaruh Metode Follow The Line Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Fase A Di SDN 134 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
INTAN PUSPITASARI.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Intan Puspitasari (21591103), “Pengaruh Metode Follow The Line terhadap Keterampilan Menulis Siswa Fase A di SDN 134 Rejang Lebong”. Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Angkatan 2021 IAIN Curup. Penelitian ini dilakukan di SDN 134 Rejang Lebong, penelitian ini dilakukan karena rendahnya keterampilan menulis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode Follow the Line mempengaruhi kemampuan menulis siswa ketika mereka diajarkan matematika di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-Eksperimental One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 134 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data berupa angket skala Likert digunakan untuk mengukur persepsi siswa terhadap penggunaan metode Follow the Line. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik deskriptif untuk mengetahui sejauh mana metode ini berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata pretest adalah 67. Sesudah menggunakan metode follow the line, rata-rata skor posttest meningkat menjadi 85, ini membuktikan adanya peningkatan kemampuan menulis siswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan metode follow the line berpengaruh terhadap kemampuan menulis siswa pada mata pelajaran matematika kelas II SDN 134 Rejang Lebong, berdasarkan hasil uji hipotesis paired sampel t test, diketahui nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05, maka ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil pretest dan posttest kemampuan menulis siswa, yang artinya ada pengaruh metode (variabel X) terhadap kemampuan menulis siswa (variabel Y) dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa pada mata pelajaran matematika kelas II SDN 134 Rejang Lebong. Kata Kunci: Follow the Line, keterampilan menulis, matematika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Puspitasari, Intanintanpuspitasari@iaincurup.ac.id
Lukman, Ashalukmanhasan@iaincurup.co.id
Febriansyah, Febriansyahfebriansyah@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 01 Sep 2025 07:38
Last Modified: 01 Sep 2025 07:56
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8936

Actions (login required)

View Item View Item