Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Synectics pada Pembelajaran Tematik Tema 7 Sub Tema Keragaman Suku Bangsa dan Agama Di Negeriku Kelas Iv Mis Guppi 11 Rejang

Nurhamidah, Nurhamidah and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Gunawan, Guntur (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Synectics pada Pembelajaran Tematik Tema 7 Sub Tema Keragaman Suku Bangsa dan Agama Di Negeriku Kelas Iv Mis Guppi 11 Rejang. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL SYNECTICS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 7 SUB TEMA KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU .pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

hasil belajar tematik siswa kelas IV di MIS GUPPI 11 Rejang Lebong masih dibawah KKM sehingga perlu dilakukannya pembaharuan model pembelajaran oleh guru sebagai respon semakin lemahnya kualitas belajar siswa. Keadaan ini dikarnakan guru masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensional sehingga menimbulkan kejenuhan, kebosanan dan menurunkan minat belajar siswa. Di sisi lain menurut teori bahwa model pembelajaran synestics dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa. penelitian tindakan kelas (PTK) atau (classroom action research). Dengan menggunakan model pembelajaran synectics dalam pembelajaran tematik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilaksanakan dengan 4 tahapan dari perencanaan, pelaksannan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dikelas IV Mis Guppi 11 Rejang Lebong berjumlah 10 siswa. Variabel penelitian yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi. Analisiss data dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan rumusan masalah yang telah dirumuskan, hasil penelitian dengan model pembelajaran synectics dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa, hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata pada siklus I sebesar 65 dan pada siklus II sebesar 72. Sedangkan presentase ketuntasan sebelum digunakan model pembelajaran synectics siklus I diperoleh nilai sebesar 60% dan pada siklus II sebesar 80%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Nurhamidah, NurhamidahUNSPECIFIED
Hamengkubuwono, HamengkubuwonoUNSPECIFIED
Gunawan, GunturUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Synectics, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 17 Jan 2023 08:00
Last Modified: 17 Jan 2023 08:00
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/891

Actions (login required)

View Item View Item