Tingkat Konsumsi Berita Online Ibu Rumah Tangga pada Platform Facebook (Studi di Kelurahan Pasar Muara Aman, Kecamatan Lebong Utara, Kabupaten Lebong)

Ningsi Dwi Putri, Asni and Verolyna, Dita and Syaputri Kurnia, Intan (2025) Tingkat Konsumsi Berita Online Ibu Rumah Tangga pada Platform Facebook (Studi di Kelurahan Pasar Muara Aman, Kecamatan Lebong Utara, Kabupaten Lebong). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text
FULL TEXT.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK TINGKAT KONSUMSI BERITA ONLINE IBU RUMAH TANGGA PADA PLATFORM FACEBOOK (STUDI DI KELURAHAN PASAR MUARA AMAN, KECAMATAN LEBONG UTARA, KABUPATEN LEBONG) OLEH : ASNI DWI PUTRI NINGSI (21521009) Berita online menjadi salah satu alternatif untuk memenuhi berbagai kebutuhan informasi audience. Salah satu yang menggunakan berita online sebagai sarana pemenuhan kebutuhan informasi, terutama pada kelompok ibu rumah tangga yang berada di Kelurahan Pasar Muara Aman, Kecamatan Lebong Utara, Kabupaten Lebong. Berita online yang digunakan dan sering diakses oleh ibu rumah tangga platform facebook untuk mencari informasi dan mendapatkan informasi sesuai dengan kebutuhan mereka. Teori penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat konsumsi berita online ibu rumah tangga pada platform Facebook (Studi di Kelurahan Pasar Muara Aman, Kecamatan Lebong Utara, Kabupaten Lebong), dengan menggunakan tipologi motif menurut McQuail adapun motif informasi, motif identitas pribadi dan motif hiburan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan sampel berbentuk volunteer responden yang ditentukan melalui teknik analisis data deskriptif. Berdasarkan data yang diperoleh maka tingkat konsumsi responden dalam penelitian ini mencapai hasil rata-rata sebesar 78% yang termasuk dalam range tingkat tinggi 61%-81% berarti responden tinggi terhadap berita online pada paltform Facebook. Terutama pada indikator kegunaan identitas pribadi, hiburan dan sumber berita online mencapai 81% dan 81,4% termasuk kedalam range 81%-100% yang berarti sangat tinggi. Kata Kunci : Konsumsi berita online, Ibu rumah tangga, Facebook

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ningsi Dwi Putri, AsniUNSPECIFIED
Verolyna, Ditaditaverolyna@iaincurup.ac.id
Syaputri Kurnia, Intanintankurniasyaputri@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 25 Aug 2025 02:51
Last Modified: 25 Aug 2025 02:51
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8888

Actions (login required)

View Item View Item