Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pada Cikwit Fashion Curup

Lestari, Hanifah Dewi and Verolyna, Dita and Syaputri, Intan Kurnia (2025) Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pada Cikwit Fashion Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text
FULL TEXT.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fenomena meningkatnya penggunaan tiktok sebagai media pemasaran mendorong pelaku usaha, seperti Cikwit Fashion Curup, untuk memanfaatkan fitur live streaming sebagai strategi komunikasi digital yang efektif dalam menarik perhatian dan meningkatkan minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran digital cikwit fashion Curup dalam meningkatkan minat beli konsumen di media sosial tiktok serta motif owner cikwit fashion Curup menggunakan tiktok sebagai media komunikasi pemasaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melaului observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap aktivitas tiktok cikwit fashion curup serta beberapa konsumennya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi live streaming yang diterapkan efektif membangun minat beli konsumen melalui tahapan AISAS, dengan pendekatan komunikatif, penawaran diskon, respons cepat, dan penekanan pada keterbatasan stok. Sedangkan motif yang digunakan yakni untuk menjangkau konsumen yang lebih luas, meningkatkan interaksi secara langsung dengan audiens, serta mempercepat proses promosi dan transaksi dalam satu platform secara efisien. Temuan ini mempertegas bahwa media sosial tiktok yaitu live streaming bukan hanya sebagai hiburan, tetapi juga menjadi alat pemasaran yang strategis dalam era digital saat ini. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Pemasaran Digital, Tiktok, AISAS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Lestari, Hanifah Dewihlestari@iaincurup.ac.id
Verolyna, Ditaditaverolyna@iaincurup.ac.id
Syaputri, Intan Kurniaintankurniasyaputri@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 25 Aug 2025 02:55
Last Modified: 25 Aug 2025 02:55
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8885

Actions (login required)

View Item View Item