Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Kecamatan Curup Utara dalam Memilih Produk Tabungan Haji di Bank Rakyat Indonesia Cabang Curup

Veronica, Repa and El-khairti, El-khairati and Wihidayati, Sri (2019) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Kecamatan Curup Utara dalam Memilih Produk Tabungan Haji di Bank Rakyat Indonesia Cabang Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT KECAMATAN CURUP UTARA DALAM MEMILIH PRODUK TABUNGAN HAJI DI BANK RAKYAT ~1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Minat merupakan salah satu aspek psikis manusia yang dapat mendorong untuk mencapai tujuan. Seseorang yang memiliki minat terhadap suatu obyek, cenderung untuk memberikan perhatian atau merasa senang yang lebih besar terhadap obyek tersebut, namun apabila obyek tersebut tidak menimbulkan rasa senang, maka ia tidak akan memiliki minat pada obyek tersebut. Melihat pertumbuhan ekonomi yang mengalami peningkatan, salah satu yang mempengaruhi peningkatan pertumbuhan di Indonesia adalah faktor sumber daya manusia yaitu masyarakat muslim Indonesia yang sudah mendaftarkan diri mereka menjadi calon jamaah haji dan membuka tabungan haji di BRI Cabang Curup. Adanya faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat memilih BRI dilihat dari segi pelayanan dan memberikan kepuasan yang baik bagi nasabahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat Kecamatan Curup Utara membuka Tabungan Haji di Bank Rakyat Indonesia Cabang Curup. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan lokasi penelitian di Kecamatan Curup Utara dan Bank BRI Cabang Curup. Penelitian ini mengambil data dari dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer yaitu dilakukan dengan teknik wawancara kepada nasabah tabungan haji yang ada di Kecamatan Curup utara berjumlah 19 orang dan karyawan Bank Rakyat Indonesia. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari kepustakaan, jurnal serta dari situs resmi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi Bank Rakyat Indonesia dalam mempromosikan produk tabungan haji sudah cukup baik karena bank BRI sekarang sudah beralih ke bank BRI Syariah jadi pemasaran produknya juga berlandas syariah. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat Kecamatan Curup Utara dalam memilih produk tabungan haji di bank BRI Cabang Curup ini adalah faktor kepercayaan, pelayanan, keamanan, kebiasaan (Turun-menurun), disarankan oleh kantor Kemenag dan jaminan yang diberikan bank.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Veronica, RepaUNSPECIFIED
El-khairti, El-khairatiUNSPECIFIED
Wihidayati, SriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Faktor-faktor, Minat, Tabungan Haji, Bank Rakyat Indonesia
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:52
Last Modified: 21 Feb 2023 08:52
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/888

Actions (login required)

View Item View Item