Sakbaniatun, Umi and Harmi, Hendra and Daheri, Mirzon (2025) Internalisasi Nilai Moderasi Beragama Oleh Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.
![]() |
Text
umi sakbaniatun, cetak.pdf - Accepted Version Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Moderasi beragama merupakan salah satu nilai penting yang perlu diinternalisasikan dalam dunia pendidikan, khususnya melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Di SMPN 04 Rejang Lebong, guru PAI memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama seperti toleransi, keseimbangan, dan penghargaan terhadap perbedaan kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 04 Rejang Lebong menginternalisasi nilai moderasi beragama dalam proses pembelajaran dan tantangan dan faktor-faktor pendukung yang dihadapi guru dalam menginternalisasi nilai-nilai moderasi beragama. Dalam studi ini, peneliti menggunakan metode kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan aktif dalam menanamkan nilai toleransi, keberagaman, dan sikap moderat melalui penyusunan kurikulum, penggunaan penggunaan metode PBL (problem beased learning) dan metode JIGSAW serta kegiatan-giatan yang diadakan oleh pihak sekolah dalam mendukung guru menginternalisasikan moderasi beragama seperti Jum’at bersih, yasinan Bersama dan program BAZNAS diberikan kepada siswa yang kurang mampu dan guru PAI ikut serta dalam menjalan kan semua program termasuk program BAZNAZ karena BAZNAZ juga dapat menjadi media pembelajaran guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai moderasi beragama dalam bentuk nyata dan konkrit. Guru berperan penting dalam menjembatani makna sosial keagamaan ini agar mudah dipahami dan diteladani oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari. Ada beberapa tantangan yang dihadapi oleh guru dalam menginternalisasi moderasi beragama yaitu kurangnya pemahaman siswa tentang moderasi beragama, latar belakang siswa, tidak adanya pelatihan moderasi beragama bagi guru PAI serta kurang nya perhatian dari pihak orang tua. Hal ini sangat mempengaruhi guru PAI dalam menginternalisasikan moderasi beragama di dalam proses pembelajaran PAI. Dan adapun dukungan yang dibutuhkan oleh guru PAI dalam menginternalisasikan nilai-nilai moderasi beragama ialah dari guru PAI, pihak sekolah, termasuk kepala sekolah, rekan guru-guru, masyarakat , program-program sekolah yang ikut mendukung dan memperkuat keberhasilan guru PAI dalam menginternalisasikan moderasi beragama di pembelajaran PAI. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi teoretis dan praktis dalam pengembangan pendidikan berbasis moderasi beragama di lingkungan sekolah, guna menciptakan masyarakat yang harmonis dan toleran. Kata Kunci : Internalisasi Moderasi Beragama, Guru PAI, Pembelajaran Dan Toleransi
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun2 akun2 | ||||||||
Date Deposited: | 25 Aug 2025 08:09 | ||||||||
Last Modified: | 25 Aug 2025 08:09 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8879 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |