Rafles, Dion and Yanto, Murni and Khair, Ummul (2025) Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Qur’an Pondok Pesantren Darul Ma’arif Nu Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
DION RAFLES.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya implementasi Kurikulum Merdeka dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di lingkungan pesantren. Kurikulum Merdeka merupakan pendekatan baru dalam sistem pendidikan Indonesia yang menekankan pada kebebasan belajar, diferensiasi pembelajaran, serta pengembangan karakter peserta didik. Dalam hal ini, guru dituntut untuk berperan sebagai fasilitator yang mampu menyusun perencanaan pembelajaran secara mandiri, melaksanakan proses belajar mengajar yang berpusat pada peserta didik, serta melakukan evaluasi pembelajaran secara berkelanjutan dan memanfaatkan sarana prasarana yang tersedia secara optimal. Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan Kurikulum Merdeka; (2) mengkaji pelaksanaan pembelajaran di kelas VIII SMP Qur’an Pondok Pesantren Darul Ma’arif NU Rejang Lebong: (3) penggunaan sarana prasarana pendukung pemebelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung terhadap proses pembelajaran, wawancara dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, serta dokumentasi perangkat ajar dan kondisi sarana prasarana sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran disusun secara mandiri oleh guru dengan mengacu pada Capaian Pembelajaran (CP), prinsip diferensiasi, serta nilai-nilai keislaman yang sesuai dengan karakteristik pesantren; (2) Pelaksanaan pembelajaran menerapkan pendekatan berbasis proyek, aktivitas kolaboratif, diskusi aktif, serta penggunaan teks-teks kontekstual yang mendukung penguatan karakter; (3) Sarana dan prasarana tergolong cukup memadai, tetapi masih terdapat kekurangan dalam aspek media digital dan pelatihan teknologi informasi untuk guru. Secara umum dari penelitian ini adalah bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Qur’an Pondok Pesantren Darul Ma’arif NU Rejang Lebong telah berjalan secara progresif, meskipun masih dihadapkan pada tantangan yang perlu ditindaklanjuti melalui peningkatan kapasitas guru dan dukungan teknologi pembelajaran. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Bahasa Indonesia, Perencanaan, Penerapan, Sarana Prasarana, Pesantren
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Bahasa Indonesia, Perencanaan, Penerapan, Sarana Prasarana, Pesantren | ||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia | ||||||||
Depositing User: | akun9 akun 9 akun9 | ||||||||
Date Deposited: | 25 Aug 2025 07:29 | ||||||||
Last Modified: | 25 Aug 2025 07:29 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8874 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |