Ulfawati, Erika and Wanto, Deri and Daheri, Mirzon (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Motivasi Dan Skor Penilaian Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
full teks.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
Abstract
Oleh: Erika Ulfawati, NIM: 23871010, Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Motivasi dan Skor Penilaian Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam, Tesis Program Pascasarjana IAIN Curup, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), 2025. ... Halaman Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat partisipasi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Integrasi Annajiyah Lubuk Linggau. Rendahnya skor penilaian hasil belajar kognitif siswa tersebut diduga dipengaruhi oleh motivasi belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat mempengaruhi skor penilaian hasil belajar siswa dan bagaimana pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa. Dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), menjelaskan motivasi dan skor penilaian hasil belajar siswa tentang materi Pendidikan Agama Islam pada mata pelajaran fiqih kelas VII di SMP Integrasi Annajiyah Lubuk Linggau. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan metodologi kuantitatif. Sampel adalah siswa kelas VII SMP Integrasi Annajiyah Lubuk Linggau Sebanyak 63 siswa dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan kuesioner motivasi belajar. Adapun analisis data menggunakan uji N-Gain dan Uji T. Adapun hasil penelitian menunjukkan : 1) adanya pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap motivasi belajar siswa terbukti dari rata-rata kelas eksperimen sebesar 4,00 dengan kategori sangat baik sedangkan kelas kontrol 2,77 dengan kategori cukup. 2) berdasarkan hasil uji-t hasil belajar dimana Thitung sebesar 5,725 dan Ttabel 2,000 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. 3) terdapat pengaruh PjBL terhadap motivasi dan hasil belajar dibuktikan dengan uji Manova nilai sig<0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Penggunaan model PjBL terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Oleh karena itu, model ini direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran PAI sebagai salah satu alternatif inovatif yang berpusat pada siswa. Kata kunci : Project Based Learning (PjBL), Motivasi, Skor Penilaian Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 28 Aug 2025 07:35 | ||||||||
Last Modified: | 28 Aug 2025 07:35 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8863 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |