Penerapan Brain Gym untuk Meningkatkan Konsentrasi Siswa Kelas III SDN 116 Rejang Lebong

Febriyanti, Lidiya and Ratnawati, Ratnawati and Mina Putra, Muksal (2025) Penerapan Brain Gym untuk Meningkatkan Konsentrasi Siswa Kelas III SDN 116 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
SKRIPSI LIDIYA FIX.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK LIDIYA FEBRIYANTI, NIM 21591115 “Penerapan Brain Gym Untuk Meningkatkan Konsentrasi Siswa Kelas III SDN 116 Rejang Lebong”, Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Curup. Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya konsentrasi belajar siswa. Tujuannya untuk melihat peningkatan konsentrasi belajar siswa melalui penerapan Brain Gym, serta bagaimana proses pembelajaran dengan menerapkan Brain Gym di SDN 116 Rejang Lebong. Hal ini menjadi latar Belakang peneliti untuk mengangkat penelitian yang berjudul “Penerapan Brain Gym Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas III SDN 116 Rejang Lebong”. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 3 siklus, dengan model Kemmis dan MC Tagart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas III. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SDN 116 Rejang Lebong membuktikan bahwa penggunaan metode Brain Gym secara bertahap melalui tiga siklus pertemuan dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Peningkatan ini terlihat dari hasil observasi yang menunjukkan adanya kenaikan persentase konsentrasi siswa dari 48,51% pada siklus pertama menjadi 65,01% pada siklus kedua, dan mencapai 91,01% pada siklus ketiga. Keberhasilan ini dipengaruhi oleh pemahaman siswa terhadap manfaat Brain Gym yang dijelaskan guru sebelum kegiatan belajar mengajar, serta perbaikan berkelanjutan pada setiap siklus berdasarkan langkah-langkah yang telah ditentukan. Dengan demikian, Brain Gym terbukti efektif dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Kata Kunci: Brain Gym, konsentrasi belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Febriyanti, Lidiyalidiyafebriyanti@iaincurupa.ac.id
Ratnawati, Ratnawatiratnawati@iaincurup.ac.id
Mina Putra, Muksalmuksalminaputra@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 01 Sep 2025 03:28
Last Modified: 01 Sep 2025 03:28
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8862

Actions (login required)

View Item View Item